Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Ketua DPR Minta Disdukcapil Kebut Perekaman KTP-El

Laporan: | Kamis, 14 Maret 2019, 22:20 WIB
Ketua DPR Minta Disdukcapil Kebut Perekaman KTP-El

Ilustrasi/Net

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Dinas Dukcapil Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan tokoh masyarakat untuk mengimbau warga melakukan perekaman data KTP-el, sebagai persyaratan mengikuti Pemilu 2019.

Mengingat, masih adanya 4.231.823 warga yang belum memiliki KTP-el, sebanyak dua juta diantaranya berada di daerah pedalaman seperti Papua dan Papua Barat. Dengan begitu mereka terancam tidak dapat ikut pemungutan suara pada 17 April nanti.

"Kemendagri melalui Disdukcapil di setiap daerah untuk terus melakukan pendataan/kegiatan pencocokan dan penelitian terhadap warga yang belum memiliki KTP-el secara menyeluruh. Agar warga dapat segera melakukan perekaman KTP-el sehingga bisa menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019," jelas Bambang kepada wartawan, Kamis (14/3).

Dia juga meminta pihak Kemendagri untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia dalam memperbaiki sistem ataupun sarana dan prasarana perekaman KTP-el. Agar proses perekaman dapat berjalan sesuai target.

"Kepolisian daerah Papua juga turut mengamankan jalannya proses perekaman KTP-el di daerah Papua. Guna menjamin kelancaran proses perekaman dan menghindari potensi terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata," ujar Bambang.

Politisi Partai Golkar itu mengingatkan agar pemerintah bersama Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu dapat segera mencari dan memberikan solusi kepada masyarakat yang belum memiliki KTP-el sampai hari pemungutan suara.

"Sehingga masyarakat tetap dapat menggunakan hak pilihnya," imbuh Bambang.
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)