Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Fahri Hamzah: Indonesia-Ceko Miliki Kesamaan Pandangan Membangun Demokrasi

Laporan: | Senin, 17 September 2018, 18:09 WIB
Fahri Hamzah: Indonesia-Ceko Miliki Kesamaan Pandangan Membangun Demokrasi

Fahri Hamzah Dan Milan Stech/Dok

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menerima kunjungan kehormatan Ketua Senat Republik Ceko HE Mr. Milan Stech di Ruang Tamu Ketua DPR RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (17/9).

Kepada Milan Stech, Fahri menyampaikan sebagai negara demokrasi, Indonesia dan Ceko memiliki kesamaan  pandangan tentang peta jalan ke depan dalam membangun demokrasi.

"Jadi selamat datang ke Indonesia. Negara yang cukup kompleks dengan 17 ribu pulaunya, ribuan bahasa dan suku bangsa di dalamnya. Tetapi kami punya falsafat yang dapat dianut secara bersama-sama oleh beragam suku, bahasa dan agama," kata Fahri.

Sementara Milan Stech menyampaikan maksud dari kunjungannya ke Indonesia, khususnya ke Gedung DPR tersebut, yang merupakan mitra dari Ceko. Apakagi antara Ceko dengan Indonesia, mempunyai hubungan bilateral yang sangat erat sekali secara jangka panjag.

"Oleh karena itu, pengalaman persahabatan ini adalah landasan baik agar bisa dikembangkan lagi untuk masa depan," ucapnya seraya menjelaskan tugas dan fungsi dari Senat atau Senator yang ada di Ceko.

Milan Stech menambahkan, jika berbicara sejarah, Ceko mempunyai akar yang sangat dalam. Dan yang menariknya, tahun ini Ceko memperingati 100 tahun-an kemerdekaan, sesudah Perang Dunia I yang ditandai runtuhnya Monarki Austria.

"Pada dua tahun yang lalu, kami juga memperingati tujuh ratus tahun kelahiran Raja," terangnya. [fiq]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)