Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Perguruan Tinggi Swasta Harus Tingkatkan Kualitas, Terutama Yang Di Luar Pulau Jawa

Laporan: | Senin, 19 Juni 2017, 16:14 WIB
Perguruan Tinggi Swasta Harus Tingkatkan Kualitas, Terutama Yang Di Luar Pulau Jawa

Ledia Hanifa/RMOL

Banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang saat ini masih tertinggal standar nasional pendidikannya dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) khususnya di wilayah luar Pulau Jawa.

Karena itu Pemerintah khususnya Kemenristek Dikti harus dapat mengatasi adanya disparitas atau kesenjangan mutu pembelajaran, sehingga dapat mendorong produktivitas dan Inovasi di PTS.
 
Banyaknya PTS yang ada di Indonesia menjadi alasan mengapa standar nasional pendidikan belum dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Selain itu yang juga menjadi persoalan adalah banyaknya program studi (prodi) yang tidak diterima di masyarakat.

"Kita memiliki sejumlah persoalan terkait hal ini. Memang jumlah Universitas di Indonesia terlalu banyak rasionya, ini yang membuat kualitas jadi terbatas," terang anggota Tim Kunjungan Kerja Panja Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI), Ledia Hanifa di Balikpapan, Kamis (15/6).

Politisi PKS tersebut meminta kepada PTS untuk menyesuaikan diri dengan sistem nasional Perguruan Tinggi (PT), karena dengan itu secara umum akan meningkatkan kualitasnya. Agar nantinya juga dapat melahirkan lulusan yang berkualitas.
  
Bila regulasi sudah ada, harap anggota Komisi X DPR RI itu, nantinya harus berjalan sesuai kesepakatan. Dengan demikian setiap PT akan dibuat regulasi yang berbeda beda sesuai kondisi geografis dan masyarakat yang ada.

"Saya berharap standar regulasi yang ada di PT bisa di implementasikan, mereka juga harus bekerja sama dengan dunia industri agar sudah dipastikan alumninya akan kerja dimana, akhirnya," demikian Ledia.[san]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)