Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah menilai penguatan sinergi dengan Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) menjadi kunci dalam memastikan pengelolaan dana haji yang akuntabel serta memberikan dampak nyata bagi jemaah.
“Sinergi dengan BPS-BPIH merupakan elemen penting dalam penguatan ekosistem perhajian, terutama dalam penghimpunan pendaftaran jemaah. Melalui Annual Meeting ini, BPKH juga menyampaikan arah kebijakan pengelolaan keuangan haji ke depan agar semakin akuntabel dan berdampak bagi jemaah,” ujar Fadlul dalam Annual Meeting & Hajj Banking Award BPKH Tahun 2025 di The Tribrata Dharmawangsa, The Opus Grand Ballroom, Jakarta, Selasa malam 23 Desember 2025.
Ia menambahkan, peran BPS-BPIH tidak hanya sebatas mitra penghimpunan dana, tetapi juga mitra strategis dalam menyampaikan arah kebijakan pengelolaan keuangan haji serta melakukan edukasi kepada masyarakat.
“Kami memandang BPS-BPIH bukan hanya mitra operasional, tetapi juga mitra strategis dalam penguatan literasi dan pemahaman publik terkait pengelolaan keuangan haji. Kolaborasi ini penting untuk menjaga kepercayaan dan memastikan layanan terus meningkat,” lanjutnya.
Pada kesempatan yang sama, Menteri Haji dan Umrah Mochamad Irfan Yusuf mengapresiasi penyelenggaraan Hajj Banking Award oleh BPKH. Menurutnya, ajang tersebut dapat mendorong perbankan penerima setoran haji untuk semakin optimal dalam mengembangkan ekosistem haji dan umrah.
“Hajj Banking Award 2025 merupakan langkah mendorong BPS-BPIH agar lebih optimal lagi dalam mengembangkan ekosistem haji dan umrah,” ujar Irfan.
Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander menambahkan bahwa acara tahunan ini menjadi bentuk penghargaan sekaligus penguatan motivasi kinerja bagi BPS-BPIH agar terus meningkatkan inovasi layanan, tata kelola, dan dukungan terhadap ekosistem perhajian.
“Penghargaan ini tentu belum sepenuhnya mencerminkan besarnya kontribusi dan kerja sama yang telah terjalin antara BPKH dan seluruh BPS-BPIH. Namun melalui forum ini, kami ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dan kontribusi sepanjang tahun 2025,” kata Harry.
Dalam rangkaian kegiatan tersebut, BPKH memberikan penghargaan kepada BPS-BPIH dalam sejumlah kategori, antara lain The Best of Hajj Registration & AUM Contribution Bank 2025, The Best of Hajj Registration Target Achievement Bank 2025, The Best of Young Hajj Pilgrims Registration Bank 2025, serta apresiasi bagi mitra strategis digital dan kolaborasi ekosistem haji.
Ke depan, BPKH berharap kolaborasi dengan BPS-BPIH dapat terus ditingkatkan secara berkelanjutan, tidak hanya dalam aspek penghimpunan pendaftaran haji, tetapi juga dalam penguatan literasi, digitalisasi layanan, serta optimalisasi pengelolaan keuangan haji guna memberikan nilai manfaat yang lebih besar bagi jemaah.
BERITA TERKAIT: