Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank Pembangunan Islam Salurkan Rp111,48 Triliun untuk Proyek Syariah di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 05 Oktober 2024, 11:04 WIB
Bank Pembangunan Islam Salurkan Rp111,48 Triliun untuk Proyek Syariah di Indonesia
Director and Resident Representative of IsDB Regional Hub Indonesia Datuk Amer Bukvi?/Tangkapan Layar
rmol news logo Bank Pembangunan Islam (IsDB) telah menyalurkan pembiayaan sebesar 7,2 miliar Dolar AS atau sekitar Rp111,48 triliun untuk mendukung pengembangan proyek-proyek berbasis Syariah di Indonesia. 

Pembiayaan ini mencakup 350 proyek di berbagai sektor prioritas, baik di sektor publik maupun swasta.

“IsDB telah bekerja sama erat dengan Indonesia untuk mengembangkan proyek-proyek inovatif berbasis Syariah yang memanfaatkan modal swasta untuk infrastruktur publik, meningkatkan kapasitas fiskal negara sambil mematuhi pedoman etika,” ujar Director and Resident Representative of IsDB Regional Hub Indonesia Datuk Amer Bukvic dalam Annual Islamic Finance Conference (AIFC), Jumat (4/10).

Salah satu bentuk pembiayaan yang diandalkan adalah penerbitan sukuk, yang menurut Bukvi? telah merevolusi pembiayaan infrastruktur pemerintah. 

Melalui sukuk, pemerintah dapat mengumpulkan modal dari pasar domestik dan internasional untuk membiayai proyek-proyek transportasi, energi, dan infrastruktur perkotaan. 

Pembiayaan melalui penerbitan sukuk, tambah Bukvi?, akan mendorong keselarasan dengan nilai-nilai Islam dan memastikan integritas keuangan dan keberlanjutan jangka panjang. 

“Keuangan Islam selanjutnya memungkinkan penataan kemitraan publik-swasta sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah, kemitraan ini menarik investasi swasta untuk infrastruktur publik, dengan membagi risiko dan manfaat secara adil,” imbuhnya.

IsDB, lanjutnya, berkomitmen untuk terus mendukung Indonesia dan negara-negara anggotanya dalam mengoptimalkan pembiayaan berbasis Syariah, guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang adil dan berkelanjutan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA