Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengembang Bergembira, Kuota Rumah Subsidi Bakal Ditambah 63 Ribu Unit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 24 Agustus 2024, 06:56 WIB
Pengembang Bergembira, Kuota Rumah Subsidi Bakal Ditambah 63 Ribu Unit
Ilustrasi/RMOL - via AI
rmol news logo Kuota Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) akan ditambah bulan depan. Ini akan menjadi kabar baik bagi para pengembang perumahan subsidi.
HUT 79 RI

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan ia telah  mengajukan usulan penambahan kuota tersebut kepada Kementerian Keuangan.

"September ini, iya akan ditambah (FLPP)," ujar Basuki usai menghadiri acara Proptech di Jakarta, dikutip Sabtu (24/8). 

KemenPUPR mengalokasikan sekitar Rp13,7 triliun pada program FLPP 2024 dengan sasaran 166 ribu unit penyediaan rumah subsidi. Jumlah tersebut telah terserap seluruhnya. 

Kementerian PUPR sepanjang 2024 mengalokasikan Rp13,7 triliun untuk program FLPP. Anggaran FLPP tersebut dialokasikan untuk 166 ribu unit rumah, untuk pemberian subsidi uang muka, dan pembiayaan perumahan peserta Tapera.

Anggaran tersebut memang lebih kecil jika dibandingkan dengan anggaran program FLPP tahun 2023 sebesar Rp26,3 triliun untuk 220 ribu unit rumah.

Kementerian PUPR pun meminta tambahan kuota FLPP untuk 63 ribu unit rumah, sehingga target realisasi FLPP 2024 menjadi 229 ribu unit.

Basuki mengatakan pemenuhan hunian masyarakat demi mengentaskan backlog perumahan menghadapi berbagai tantangan, baik dari sisi supply dalam hal ini developer, maupun dari sisi demand atau konsumen masyarakat. 

Untuk 2025 Basuki mengatakan kuota FLPP akan menyesuaikan dengan program presiden terpilih Prabowo Subianto. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA