Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Tuan Rumah Olimpiade LA 2028, AS Bakal Gelontorkan Dana Rp110 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 12 Agustus 2024, 16:39 WIB
Jadi Tuan Rumah Olimpiade LA 2028, AS Bakal Gelontorkan Dana Rp110 Triliun
Tom Cruise memegang bendera saat penutupan Olimpiade Paris pada 11 Agustus 2024/AP
rmol news logo Amerika Serikat (AS) diperkirakan membutuhkan dana sekitar 6,9 miliar Dolar AS atau senilai Rp110 triliun untuk menggelar ajang olahraga internasional, Olimpiade Los Angeles 2028 (LA28) mendatang.

Seperti dikutip dari Associated Press pada Senin (12/8), LA dipilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2028 berikutnya setelah dikalahkan Paris dalam pemilihan tuan rumah Olimpiade 2024.

Menurut Wali Kota LA Karen Bass kesempatan ini dianggap sebagai kesempatan besar bagi LA, dan juga AS untuk membuat perubahan besar.

"Olimpiade merupakan kesempatan untuk membuat perubahan transformatif," kata Bass.

Pihak penyelenggara LA28 akan mengumpulkan dana dari penjualan tiket, sponsor, pembayaran dari Komite Olimpiade Internasional (IOC), dan aliran pendapatan lainnya untuk menutupi biaya besar tersebut.

Dalam kesempatan itu, kata Bass pihaknya tidak akan banyak membangun fasilitas baru untuk menggelar LA28. Pasalnya kota kedua terbesar di AS itu telah memiliki banyak infrastruktur olahraga.

Berbeda dengan upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang digelar di sepanjang Sungai Seine, LA28 rencananya akan dibuka di Stadion SoFI yang kerap dijadikan lokasi acara besar seperti Super Bowl dan konser Taylor Swift. 

Sebagai informasi LA sendiri sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1932 dan 1984 lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA