Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IKI Juli 2024 Alami Penurunan, Tiga Subsektor Berkontraksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 01 Agustus 2024, 07:18 WIB
IKI Juli 2024 Alami Penurunan, Tiga Subsektor Berkontraksi
Rilis IKI/Tangkapan layar dari YouTube Kemenperin
rmol news logo Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Juli 2024 berada di angka 52,4. 

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan bahwa angka itu menandakan pelambatan atau penurunan 0,10 poin dibanding dengan IKI Juni yang berada di angka 52,5.

Tiga subsektor, yaitu tekstil, industri kertas dan barang kertas, serta industri mesin dan barang peralatan yang tidak termasuk dalam lainnya (Ytdl) mengalami kontraksi atau penurunan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

"Dari 23 subsektor industri pengolahan yang dianalisis, terdapat tiga subsektor yang mengalami kontraksi, dengan kontribusi subsektor yang mengalami ekspansi terhadap PDB industri pengolahan nonmigas triwulan I 2024 sebesar 93,6 persen," ujar Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip Kamis (1/8). 

Penurunan kontribusi tiga subsektor industri tersebut dikarenakan beberapa faktor, seperti relaksasi impor, kenaikan harga gas global, suku bunga, nilai tukar mata uang, serta faktor musiman yang mengakibatkan turunnya permintaan pesanan di pasar domestik.

IKI Juli turun 0,10 poin dari bulan sebelumnya (month to month) yang berada pada angka 52,50 poin, serta melambat secara tahunan (year on year) sebesar 0,91 poin. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA