Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdana, Etihad Airways Buka Penerbangan Langsung Abu Dhabi-Denpasar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 27 Juni 2024, 11:16 WIB
Perdana, Etihad Airways Buka Penerbangan Langsung Abu Dhabi-Denpasar
Etihad Airways/Net
rmol news logo Maskapai penerbangan asal Uni Emirat Arab (UEA), Etihad Airways, resmi membuka penerbangan langsung dari Abu Dhabi ke Denpasar, Bali, pada Rabu (26/6).

Penerbangan tersebut dijadwalkan akan terbang selama empat kali dalam seminggu.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menilai penambahan rute ini akan semakin mengukuhkan Pulau Dewata sebagai destinasi berkelas dunia.

"Sebagai salah satu maskapai terbesar di dunia, kami yakin beroperasinya Etihad Airways akan membuka pangsa pasar baru yang berdampak positif dalam meningkatkan konektivitas Pulau Bali dengan berbagai destinasi mancanegara," kata Handy, dikutip Kamis (27/6).

Dikatakan Handy, rute langsung Bali ke UAE ini menjadi sejarah baru karena untuk pertama kalinya Pulau Bali dapat terkoneksi langsung ke Abu Dhabi, dengan jarak kurang lebih 7.529 km dan memakan waktu tempuh kurang lebih sembilan jam.

“Menurut catatan kami, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menjadi bandara kedua di Indonesia setelah Soekarno-Hatta yang melayani rute penerbangan langsung ini," tuturnya.

Selain itu, ia menjelaskan Bandara Internasional Zayed di Abu Dhabi dapat menampung 45 juta penumpang per tahun, dengan 120 destinasi yang dilayani di seluruh dunia. Untuk itu, terhubungnya Bali ke UAE diharap dapat mengerek jumlah wisatawan mancanegara datang ke Bali.

"Sebagai salah satu bandara penghubung dunia, rute langsung Abu Dhabi memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara melalui konektivitas lanjutan ke negara-negara di Eropa dan Amerika Utara," ujar Handy.

Adapun rute penerbangan ini telah dilayani dengan penerbangan perdana menggunakan pesawat tipe 787-900 Dreamliner nomor penerbangan EY476. Armada tersebut mengangkut 289 penumpang yang mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai pukul 11.35 WITA.

Pesawat tersebut juga tercatat kembali terbang menuju Abu Dhabi pada pukul 18.45 WITA dengan mengangkut 250 penumpang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA