Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenhub Targetkan LRT Velodrome-Manggarai Mulai Beroperasi 2027

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 27 Juni 2024, 10:31 WIB
Kemenhub Targetkan LRT Velodrome-Manggarai Mulai Beroperasi 2027
LRT Jakarta/Ist
rmol news logo Kementerian Perhubungan (emenhub) menargetkan LRT Fase 1B Velodrome-Manggarai mulai dapat beroperasi pada 2027 mendatang.

"Kami optimis proyek ini dapat segera selesai dan dioperasikan pada awal 2027. Harapan kami di kuartal ketiga 2026 sudah dapat dinikmati oleh publik," kata  Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dalam keterangan resmi, Rabu (26/6).

Menurut Risal, progres pengerjaan LRT tersebut relatif lancar sehingga diyakini tidak akan meleset dari target yang ditetapkan.

Adapun sampai pekan kedua Juni 2024, pekerjaan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai sendiri diklaim sudah mencapai 18,147 persen. Pada fase ini bakal dibangun jalur sepanjang 6,4 kilometer (km).

Ia mengatakan LRT Jakarta akan dioperasikan dengan waktu jeda (headway) selama 10 menit. Dengan perpanjangan ini, potensi demand penumpang diprediksi meningkat secara bertahap menjadi 80 ribu per hari untuk lintas Velodrome-Manggarai.

Dikatakan Risal operasional LRT rute baru itu akan memperkuat peran Stasiun Sentral Manggarai sebagai simpul moda transportasi kereta api yang akan terintegrasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Sepanjang jalur tersebut akan berdiri lima stasiun, yakni Stasiun Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan berakhir di Stasiun Manggarai.

"Sehingga nanti ketika kereta jarak jauh berhenti di stasiun ini, penumpang dapat langsung melanjutkan perjalanan menuju Kelapa Gading menggunakan LRT Jakarta, dengan memanfaatkan walk away dari Stasiun Manggarai menuju stasiun LRT Jakarta," jelasnya.

Lebih lanjut, ke depannya, kata Risal Kemenhub juga akan mengembangkan Fase 2A dengan lintas Kelapa Gading-JIS, 1C Manggarai-Dukuh Atas, 1D Dukuh Atas-Pesing, juga rute 3A dan 3B yang masing-masing akan melengkapi rute Kemayoran - JIS - Kelapa Gading - Velodrome - Klender - Halim.

"Kami terus mendorong agar pusat-pusat ekonomi dan kegiatan masyarakat dapat terlayani moda transportasi umum dengan baik, khususnya moda transportasi kereta api, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan lebih mudah, aman, cepat, dan nyaman," tuturnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA