Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Air Bersih hingga Internet di IKN Tersedia sebelum 17 Agustus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Juni 2024, 10:50 WIB
Air Bersih hingga Internet di IKN Tersedia sebelum 17 Agustus
Pembangunan IKN/Net
rmol news logo Utilitas seperti listrik, air, internet, dan gas, akan beroperasi penuh di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum 17 Agustus 2024.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengatakan, dengan demikian, seluruh bangunan di IKN dapat beroperasi secara fungsional.

“Air, listrik, fiber optic (internet), gas, insyaallah (siap 17 Agustus),” katanya di kantor PUPR, Jakarta, dikutip Sabtu (15/6).

Untuk akses air sendiri akan siap pada pertengahan Juli, kira-kira pada pekan ketiga.

Saat ini, Kementerian PUPR sedang mempercepat penyelesaian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk kebutuhan air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan target penyelesaian pada Juli 2024.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan air baku di kawasan IKN Nusantara, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 2.500 liter per detik, dan Intake Sungai Sepaku yang berkapasitas 3.000 liter per detik.

Dari sumber air baku itu, air akan diproses melalui instalasi pengolahan air bersih. Air bersih kemudian akan dipompa ke tempat penyimpanan air.

Danis mengatakan, ia telah terbang ke IKN untuk memastikan pemasangan akses air, listrik, gas hingga internet berjalan sesuai dengan target. Untuk gas, Pertamina memastikan sedang dilakukan pemasangan.

“Kemarin saya ketemu langsung dengan tim gasnya, jaringan gasnya,” kata Danis. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA