Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rupiah Ambruk ke Rp16,412 per Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 14 Juni 2024, 17:06 WIB
Rupiah Ambruk ke Rp16,412 per Dolar AS
Ilustrasi/Net
rmol news logo Nilai tukar (kurs) mata uang rupiah kembali anjlok pada perdagangan Jumat (14/6) sore atau jelang akhir pekan ini.

Mata uang tersebut ditutup di level Rp16.412 per dolar AS, merosot 142 poin, atau 0,87 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Sementara itu, mayoritas mata uang di kawasan Asia lainnya juga ikut melemah pada sore ini. Seperti Dolar Singapura yang tercatat anjlok 0,14 persen, baht Thailand turun 0,04 persen.

Selain itu, yen Jepang turun 0,45 persen, yuan China melemah 0,14 persen, won Korea Selatan anjlok 0,39 persen, dan ringgit Malaysia yang turun 0,13 persen.

Menanggapi anjloknya mata uang di sebagian besar kawasan Asia ini, Pengamat Komoditas dan Pasar Uang, Lukman Leong mengatakan hal itu terjadi lantaran dolar AS yang melanjutkan tren penguatannya yang didukung oleh pernyataan hawkish The Fed.

"Rupiah dan mata uang regional khususnya juga ikut tertekan oleh sentimen negatif pasca pertemuan Bank of Japan (BoJ) yang tidak memberikan sinyal yang jelas akan rencana mengurangi pembelian obligasi," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA