Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Otorita IKN Siapkan Layanan Psikolog Tanpa Tatap Muka untuk ASN yang Terdampak Pemindahan Ibu Kota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 08 Mei 2024, 13:46 WIB
Otorita IKN Siapkan Layanan Psikolog Tanpa Tatap Muka untuk ASN yang Terdampak Pemindahan Ibu Kota
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pelayanan kesehatan dengan sistem canggih, termasuk layanan psikolog tanpa tatap muka, sedang dipersiapkan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Kalau selama ini kita kenal Halodoc, saat konsultasi dengan dokter tanpa tatap muka, yang akan dikembangkan di IKN nanti lebih dari itu," kata Direktur Pelayanan Dasar Kedeputian Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Suwito, dalam seminar di Balikpapan, Kalimantan Timur, dikutip Rab (8/5).

Menurut penjelasannya, layanan tersebut juga dapat digunakan oleh para pegawai negeri sipil (PNS) yang terkena dampak akibat pemindahan ke ibu kota baru itu,

"Layanan psikologi pun nanti bisa dilakukan secara digital yang saat ini mungkin masih banyak permasalahan-permasalahan psikologi. Termasuk nanti ASN yang akan datang ke sini (IKN) mungkin ada dampak psikologisnya," sambungnya.

Secara sederhana, kata Suwito layanan ini dipersiapkan guna memudahkan pasien di IKN, yang tidak perlu datang lagi ke rumah sakit hanya untuk sekedar berobat atau berkonsultasi dengan dokter.

"Sehingga dengan telemedicine tidak hanya pencatatan pelaporan, tapi lebih dari itu untuk memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di otorita (IKN)," tambahnya.

Menurut Suwito, pelayanan kesehatan di ibu kota baru itu nantinya akan mengacu pada beleid terkait yang menargetkan IKN sebagai 'Kota Dunia untuk Semua'. Untuk itu pihak OIKN sendiri berkomitmen untuk bekerja sesuai amanat tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA