Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tim Cook Pastikan Apple Bakal tetap Hadir di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 18 April 2024, 08:19 WIB
Tim Cook Pastikan Apple Bakal tetap Hadir di Indonesia
CEO Apple Tim Cook bersama Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita/Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo
rmol news logo Indonesia memiliki potensi pengembangan industri yang besar karena memiliki budaya sangat beragam. Hal itu disampaikan oleh Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook saat melakukan pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Jakarta, Rabu (17/4).

Oleh sebab itu, ia sangat antusias ketika Jokowi memintanya untuk terlibat dalam pengembangan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN). Terutama karena IKN dirancang menjadi kota dengan sistem dan tata kelola  smart city yang berbasis teknologi dalam setiap aspek.

Belum ada nilai investasi yang disepakati atau dijanjikan selama pertemuan yang berlangsung di Bali tersebut.

Namun, sejauh ini Apple telah berinvestasi di Indonesia dengan nilai sekitar Rp1.2 triliun yang disalurkan untuk mendukung program pengembangan talenta digital lewat Apple Developer Academy yang telah berdiri sejak 2018 dan ada di beberapa kota yaitu BSD, Surabaya dan Batam. Terbaru, akan dibuka di Bali.

Indonesia juga telah menyampaikan permintaan agar Apple membuka dua akademi lagi, satu di Indonesia bagian timur dan satu lagi di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Menyambut permintaan Jokowi agar Apple membuka pabriknya di Indonesia mengingat Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Apple, Tim Cook menyatakan bahwa pihaknya masih ingin fokus pada akademi yang didirikannya di Indonesia.

Namun begitu, Tim Cook memastikan bahwa Apple bakal tetap hadir di Indonesia tidak hanya menghadirkan produk-produknya tapi juga ikut mengembangkan potensi SDM-nya.

"Kami tidak sabar melihat bagaimana tiga akademi sebelumnya telah berprestasi, lulus ribuan orang dan mampu membuat aplikasi untuk App Store yang menarik perhatian tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Jadi, kami sangat antusias," kata Tim Cook.

Ia pun yakin melalui kerja sama itu, Indonesia dan Apple akan mencetak ribuan lulusan terbaik di bidang teknologi yang akan berkontribusi untuk bangsa

Saat ini, Apple memiliki pabrik terbesarnya di China yang memproduksi berbagai varian produk, mulai dari ponsel pintar Iphone, Macbook, AirPod, iPads, dan jam pintar Apple Watch. Selain itu, Apple juga sudah memiliki pabrik di India untuk memproduksi ponsel pintar. Sementara pabriknya yang ada di Vietnam, dikhususkan untuk memproduksi iPads, AirPods, dan Apple Watch. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA