Dimensy.id
R17

iPhone 16 Resmi Meluncur, Cek Spek dan Harganya!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 10 September 2024, 10:08 WIB
iPhone 16 Resmi Meluncur, Cek Spek dan Harganya<i>!</i>
iPhone 16/GSM Arena
rmol news logo Rasa penasaran penggemar berat iPhone akhirnya terpuaskan dengan diluncurkannya seri iPhone 16 oleh Apple pada Senin tengah malam (9/9) dalam event Glowtime, di Cupertino, California, AS.

AI merupakan bagian utama dari acara Apple yang dipandu langsung CEO Tim Cook.

"iPhone generasi berikutnya dirancang untuk Apple Intelligence sejak awal. Ini menandai dimulainya era baru yang menarik," ujar Cook saat meluncurkan produknya.

Dikutip dari GSM Arena, iPhone 16 dan 16 Plus yang baru sengaja dirancang untuk memenuhi tuntutan komputasional Apple Intelligence (sebutan Cupertino untuk AI-nya) dengan chipset 3nm yang baru. Hadirnya tombol Action dan Camera Control juga menjadi pembeda dari generasi iPhone sebelumnya.

Apple menggunakan panel layar berukuran sama seperti sebelumnya, 6,1 inci untuk iPhone 16 dan 6,7 inci untuk iPhone 16 Plus, yang berarti keduanya 0,2 inci lebih kecil dari 16 Pro dan 16 Pro Max. 

Layarnya masih berjalan pada 60Hz , kecerahannya dapat berubah hingga 2.000 nits di bawah sinar matahari dan hingga serendah 1 nits dalam gelap. Pelindung Ceramic Shield terbaru diklaim 50 persen lebih kuat dari formulasi aslinya dan kata Apple dua kali lebih kuat dari kaca yang digunakan oleh ponsel lain.

Peningkatan besar tahun ini adalah hadirnya chipset Apple A18, yang dua generasi lebih maju dari apa yang dimiliki iPhone 15 dan 15 Plus. Ini adalah chip 3nm generasi kedua yang lebih bertenaga dan lebih efisien.

CPU A18 diklaim 30 persen lebih cepat dari CPU iPhone 15 dan 60 persen lebih cepat dari CPU iPhone 12. GPU-nya 40 persen lebih cepat dari iPhone 15 dan dua kali lebih cepat dari iPhone 12. Apple juga meningkatkan bandwidth memori sistem sebesar 17 persen.

Apple meningkatkan termal iPhone 16 dan 16 Plus dan mengatakan bahwa keduanya mencapai kinerja berkelanjutan 30 persen lebih tinggi. Ini termasuk pengerjaan ulang motherboard dan penambahan substrat termal yang terbuat dari 100 persen aluminium daur ulang.

Apple juga menanamkan Visual Intelligence ?" yang dapat langsung diakses dengan mengetuk dan menahan Kontrol Kamera. Untuk menggunakannya arahkan saja ke suatu tempat dan ketuk Kontrol lagi. 

Ia dapat mengenali bangunan, objek, dan bahkan hewan peliharaan serta menampilkan informasi yang relevan. Jika pengguna mengarahkannya ke poster acara mendatang, tanggal dan detail lainnya akan secara otomatis ditambahkan ke kalender.

Kamera utama iPhone 16 berukuran 48MP, memiliki lensa f/1.6 26mm dan sensor dengan piksel 1,0µm, plus sensor-shift OIS. Kamera ini dapat merekam video 4K dengan Dolby Vision pada 60fps. Fitur AI baru juga mencakup pengurangan derau angin untuk video. 

Belum ada lensa telefoto khusus, tetapi kamera utama dan jalur pemrosesan menawarkan zoom 2x dengan kualitas optik pada 12MP atau Anda dapat memilih opsi 48MP beresolusi tinggi.

Kedua model baru ini akan tersedia mulai 20 September, prapemesanan akan dimulai pada Jumat (13/9). Kedua ponsel ini memiliki penyimpanan dasar 128GB. iPhone 16 dijual mulai dari 800 dolar AS (Rp12,3 juta) dan iPhone 16 Plus seharga 900 dolar AS (Rp13,9 juta).

58 negara dan wilayah, termasuk Australia, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Jepang, Malaysia, Meksiko, Korea Selatan, Turki, UEA, Inggris, dan AS berada dalam gelombang pertama yang mendapatkan iPhone 16 dan 16 Plus baru pada tanggal 20 September.

Gelombang kedua negara tersebut meliputi Makau, Vietnam, dan 19 negara dan kawasan lainnya dan mereka akan mendapatkan iPhone baru mulai hari Jumat, 27 September. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA