Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Semua Perusahan Diminta Aktif Tanggulangi Tuberkulosis di Tempat Kerja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Jumat, 22 Maret 2024, 14:04 WIB
Semua Perusahan Diminta Aktif Tanggulangi Tuberkulosis di Tempat Kerja
Haiyani Rumondang bersama para pengusaha, di Makassar/Ist
rmol news logo Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengajak semua perusahaan memiliki komitmen tinggi sekaligus terlibat aktif menanggulangi Tuberkulosis di tempat kerja, dengan menciptakan kualitas tempat kerja yang sehat (higienis), hidup bersih, ventilasi bagus, tidak merokok dan minum alkohol, serta olahraga teratur.

Ajakan itu disampaikan Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang, pada acara Temu Pelanggan 2024 bertema "Sinergitas Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja untuk Menciptakan Produktivitas dalam Keberlangsungan Usaha", di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kemnaker mengajak semua pihak, termasuk perusahaan, agar meningkatkan implementasi K3, dengan mendorong tata kelola penanganan Tuberkulosis di tempat kerja yang inklusif dan partisipatif, sehingga terwujud pekerja layak yang berbudaya K3 demi keberlanjutan dunia usaha, " katanya, seperti dikutip dari Biro Humas Kemnaker, Jumat (22/3).

Haiyani juga menambahkan, Kemnaker berkomitmen tinggi menanggulangi Tuberkulosis, diwujudkan dengan dikeluarkannya Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkulosis di Tempat Kerja.

"Permenaker itu keluar sebagai bentuk keinginan kita mengeliminasi kasus Tuberkulosis di tempat kerja pada 2030. Indonesia masih memiliki jumlah kasus besar, dengan peringkat beban kasus Tuberkulosis ke-2 tertinggi di dunia," katanya.

Haiyani juga berharap, melalui kegiatan Temu Pelanggan 2024, selain menambah pengetahuan juga memberikan pemahaman tentang pencegahan Tuberkulosis dan penerapan K3 secara keseluruhan kepada perusahaan.

"Saya ucapkan selamat kepada perusahaan yang telah mendapatkan penghargaan dalam kepatuhan melaksanakan pengujian lingkungan kerja dan pemeriksaan kesehatan kerja dalam rangka menerapkan program perlindungan kepada pekerja," katanya.

Sementara Kepala Balai K3 Makassar, dr Ventje Sri Setiyanto, mengatakan, Temu Pelanggan 2024 diikuti 126 perusahaan, bertujuan mengumpulkan masukan dari stakeholder untuk  memberikan perlindungan kepada pekerja, dan menambah wawasan inspiratif dari narasumber tentang penanggulangan Tuberkulosis di tempat kerja.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA