Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dorong Penggunaan Produk Dalam Negeri, Kemenperin Gelar Business Matching P3DN 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 Maret 2024, 10:21 WIB
Dorong Penggunaan Produk Dalam Negeri, Kemenperin Gelar Business Matching P3DN 2024
Presiden Joko Widodo dan para pejabat dalam acara Penghargaan P3DN - Business Matching Produk Dalam Negeri 2023/Net
rmol news logo Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menyelenggarakan Business Matching program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) 2024 yang rencananya akan digelar ada 4-7 Maret 2024.

Tahun ini, Kemenperin bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menjembatani bertemunya pemilik anggaran dan perusahaan industri dalam negeri secara langsung dalam acara yang akan digelar di The Meru Sanur, Bali.

Sekretaris Jenderal Kemenperin Eko SA Cahyanto berharap Business Matching ini diharapkan dapat mendorong realisasi pembelanjaan P3DN, terutama yang telah memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Ia memaparkan, Kemenperin secara konsisten selama tiga tahun berturut-turut menjadi pionir dalam pelaksanaan Business Matching untuk mendorong naiknya komitmen penggunaan produk dalam negeri.

Untuk pelaksanaan di tahun 2024, Business Matching Belanja P3DN dikemas dalam konsep one stop event, menghadirkan lima kegiatan utama, yaitu Desk Business Matching, Penganugerahan Penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Pameran Produk Dalam Negeri, Talkshow Akselerasi Sertifikasi TKDN, serta Pojok Konsultasi untuk memberikan informasi menyeluruh kepada peserta yang hadir.

Program P3DN dapat berjalan sukses karena hasil kerja bareng dari seluruh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha, serta pihak swasta yang terus merealisasikan pembelian produk dalam negeri pada pengadaan barang jasa. Juga tidak terlepas dari implementasi Program P3DN yang terus dipertegas mulai dari tahapan perencanaan, sehingga kebutuhan pengadaan dapat benar-benar dipenuhi oleh industri dalam negeri.

"Besar harapan kami, mengulang penyelenggaraan Business Matching sebelumnya, Bapak Presiden akan berkenan hadir pada pelaksanaan BM 2024," kata Eko.

Dalam acara ini nanti juga akan ada Penghargaan Produk Dalam Negeri Tahun 2024 untuk memberikan apresiasi kepada dua pihak yang memiliki peran besar dalam keberhasilan Program P3DN, yakni dari sisi pengguna dan produsen produk dalam negeri.

Terdapat sejumlah kategori penghargaan yang diberikan, baik kepada Kementerian, Lembaga Negara, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, BUMN, serta produsen industri kecil, menengah, dan besar.

Adapun Pameran Produk Dalam Negeri akan berlangsung selama pelaksanaan kegiatan Business Matching. Pameran diikuti oleh PDN yang telah bersertifikat TKDN dari sektor Industri Agro, Industri Kimia Hulu dan Farmasi, Logam Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, serta Industri Kecil dan Menengah dan Aneka. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA