Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Produk Halal Indonesia Siap Unjuk Gigi di Nigeria pada Mei Mendatang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 29 Februari 2024, 15:18 WIB
Produk Halal Indonesia Siap Unjuk Gigi di Nigeria pada Mei Mendatang
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dalam upaya memperkenalkan produk halal terbaik Indonesia ke pasar Afrika Barat, KBRI di Abuja dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos akan menyelenggarakan Pameran Indonesia Expo 2024 di Kano, Nigeria, Mei mendatang.

Duta Besar RI di Abuja, Usra Hendra Harahap, menyampaikan optimisme terhadap acara tersebut, ia pun mendorong para pelaku usaha Indonesia untuk menampilkan produk-produk unggulan mereka.

“Para pelaku usaha Indonesia diharapkan dapat memasarkan produk-produk terbaik mereka di pameran Indonesia Expo 2024 pada Mei mendatang. Berbagai produk halal Indonesia bersiap unjuk gigi pada pameran yang akan diselenggarakan di Kano, Nigeria,” ujar Dubes Usra, dikutip Kamis (29/2).

Adapun pameran tersebut akan menampilkan beragam produk halal Indonesia, termasuk herbal, tekstil, alas kaki, makanan, minuman, dan lainnya, sehingga memberikan peluang pertumbuhan yang signifikan di pasar Afrika Barat.

Dalam penjelasannya, Dubes Usra menyebutkan bahwa Kano dipilih sebagai lokasi strategis untuk penetrasi pasar Indonesia di wilayah utara Nigeria. Dengan luas 449 kilometer persegi dan lebih dari sepuluh juta penduduk, Kano adalah kota terbesar kedua di Nigeria setelah Lagos.

Selain memamerkan produk, Dubes Usra juga menyoroti peluang kerja sama ekonomi dan perdagangan dengan Nigeria dan negara tetangga Nigeria lainnya untuk menawarkan kerja sama tersebut. Kunjungan itu pun dikabarkan telah disambut baik oleh pemerintah Niger yang sedang bergejolak

“Pendidikan dan pertanian akan bermanfaat bagi ekonomi Niger. Niger adalah negara terluas kedua di Afrika Barat. Hal ini menunjukkan posisi Indonesia diterima baik oleh negara Afrika Barat yang diklaim sebagian media mainstream mengalami perlambatan ekonomi akibat kudeta,” jelas Dubes Usra.

Pameran Indonesia Expo 2024 ini diharapkan dapat menarik perhatian importir, distributor, perusahaan, dan pelaku usaha di Kano dan Nigeria.

"Pameran ini menjadi langkah strategis dalam memperluas pasar ekspor Indonesia ke Afrika Barat. Tentunya produk halal Indonesia diharapkan dapat meraih kesuksesan di panggung internasional dan memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu pemimpin dalam industri halal global," kata Kepala ITPC Lagos, Hendro Jonathan.

Hendro memprediksi pameran itu akan dihadiri oleh lebih dari 1.100 pengunjung dengan produk fesyen, aksesoris, industri, pertanian, makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, furniture, elektronik dan produk keperluan rumah tangga diperkirakan akan menjadi produk yang diminati dalam pameran Indonesia Expo 2024 di Nigeria.

Dalam rangka mendukung peserta pameran, Perwakilan RI di Nigeria turut menyediakan fasilitas seperti ruang pamer gratis, transportasi lokal di Kano, translator, rekomendasi visa, pendampingan kunjungan pasar, dan kantor calon pembeli.

Eksportir yang berminat dapat menghubungi KBRI Abuja atau ITPC Lagos untuk berpartisipasi dalam pameran tersebut, melalui surat elektronik ke [email protected] atau [email protected]. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA