Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Rokok di Australia Mencapai Rp400 Ribu Perbungkus, Peminat Tetap Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 20 Februari 2024, 11:51 WIB
Harga Rokok di Australia Mencapai Rp400 Ribu Perbungkus, Peminat Tetap Tinggi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Australia merupakan salah satu negara yang membatasi warganya untuk merokok, salah satunya dengan membanderol sebungkus rokok hingga 40 dolar Australia atau sekitar Rp400 ribu.

Namun demikian, menurut hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Australian National University (ANU) menunjukkan bahwa saat ini ada 2,5 juta warga Australia yang menjadi pecandu rokok.

Para peneliti mengklaim bahwa penelitian tersebut telah memberikan gambaran tentang siapa perokok pada umumnya di Australia, dan hasilnya bertentangan dengan persepsi yang tersebar luas bahwa perokok tidak berpendidikan, menganggur dan memiliki kesehatan mental yang buruk.

Sebaliknya, menurut penelitian tersebut, sebagian besar perokok adalah laki-laki terpelajar yang tinggal di kota, memiliki pekerjaan tetap, dan memiliki kesehatan mental yang baik.

Penulis utama Jessica Aw menyebut penelitian ini sebagai yang pertama di dunia, karena penelitian sebelumnya berfokus pada membandingkan orang-orang yang merokok dengan mereka yang tidak, namun tidak pernah melihat populasi orang yang merokok sebenarnya.

Temuan yang dipublikasikan di Medical Journal of Australia pada Senin (19/2), menunjukkan sekitar 2,5 juta orang merokok setiap hari di Australia. Dari kelompok tersebut, sekitar 60 persen perokok adalah laki-laki, 65 persen tinggal di kota-kota besar, dan 92 persen merupakan warga non-pribumi.

Selain itu, 69 persen diantaranya telah menyelesaikan kelas 12, 69 persen dari mereka yang berada dalam usia kerja mempunyai pekerjaan berbayar dan 73 persen memiliki kesehatan mental yang baik, kata studi tersebut.

“Meskipun merokok lebih umum terjadi pada orang-orang yang mengalami kerugian struktural – seperti orang-orang di daerah yang lebih terpencil, masyarakat adat, mereka yang berpendidikan rendah dan mereka yang hidup dalam kemiskinan – kebanyakan orang yang merokok berpendidikan, bekerja dan memiliki kesehatan mental yang baik, serupa dengan total populasi Australia,” kata Aw, seperti dimuat 9News.

Studi ini menganalisis sampel sekitar 23.000 orang, menilai berbagai karakteristik sosio-demografis dan kesehatan dari orang-orang yang merokok setiap hari, mantan perokok, dan mereka yang tidak pernah merokok.

"Sebelum penelitian ANU dilakukan, tidak ada profil populasi kuantitatif perokok yang dipublikasikan di Australia atau di luar negeri?," kata para peneliti.

Penelitian yang membandingkan karakteristik orang yang merokok atau tidak menunjukkan bahwa laki-laki, orang setengah baya, dan orang yang tinggal di daerah dengan status sosial ekonomi rendah atau terpencil lebih besar kemungkinannya untuk merokok.

“Industri tembakau, yang bertanggung jawab atas penggunaan produk-produk adiktif secara luas di seluruh dunia, mempunyai sejarah menargetkan kelompok populasi tertentu,” kata studi tersebut.

Makalah tersebut merinci bagaimana seorang eksekutif dari raksasa tembakau RJ Reynolds ditanyai pada tahun 1998 mengapa dia tidak merokok, dan dia menjawab: "Kami tidak merokok. Kami hanya menjualnya. Kami berhak melayani generasi muda, yang miskin, yang berkulit hitam, dan yang bodoh."

Studi tersebut mengatakan bahwa sikap eksekutif perusahaan tembakau tersebut "konsisten" dengan stereotip bahwa orang-orang yang merokok berasal dari kelompok etnis tertentu, tidak berpendidikan, menganggur, atau sakit jiwa, terutama karena merokok tidak lagi menjadi hal yang normal di masyarakat umum.

Merokok tembakau adalah penyebab utama kematian dan penyakit yang dapat dicegah di Australia. Dikenal sangat membuat ketagihan dan menjadi penyebab stroke, penyakit jantung, dan berbagai jenis kanker, penyakit ini merenggut nyawa sekitar 24.000 warga Australia setiap tahunnya.

Sejak tahun 1990-an, kenaikan pajak federal atas rokok yang terus-menerus telah menyebabkan para perokok di Australia membayar harga yang paling mahal di dunia untuk mempertahankan kebiasaan mereka. ?

Pajak yang baru diberlakukan pada tahun 2023 akan meningkatkan harga tembakau sebesar 5 persen setiap tahun hingga tahun 2026, sehingga membuat satu bungkus tembakau berukuran 20-an berharga sekitar 50 dolar Australia pada tahun 2026.

Pada tahun 2030, para ahli memperkirakan harga sebungkus rokok akan mencapai 100 dolar Australia atau sekitar 1 juta rupiah. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA