Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Nataru, PLN Siapkan 622 Stasiun Charging Mobil Listrik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 20 Desember 2023, 16:39 WIB
Jelang Nataru, PLN Siapkan 622 Stasiun Charging Mobil Listrik
Representative Image/Net
rmol news logo Menjelang libur Natal dan Tahun Baru PT PLN (Persero) telah menyiapkan 622 stasiun pengisian kendaraan listrik yang tersebar di berbagai titik di Indonesia.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan ratusan unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) itu tersebar di 411 lokasi di seluruh negeri.

"Kami juga mempersiapkan stasiun pengisian bahan bakar listrik umum. Sebanyak 622 unit SPKLU di 411 lokasi untuk charging station untuk kendaraan listrik, apabila memang ada saudara kita yang mudik menggunakan kendaraan listrik, kami sudah menyiapkan baik itu pakai SPKLU-nya maupun petugasnya," jelas Darmawan saat Konferensi Pers Kesiapan Kelistrikan Nataru 2023/2024, di Kantor PLN Pusat Jakarta, Rabu (20/12).

Selain menyiapkan SPKLU, PLN disebut juga telah menyediakan 1.800 genset, 750 cadangan penyedia listrik (UPS), dan 1.100 unit gardu bergerak untuk mengamankan pasokan listrik pada periode Nataru tahun ini.

Darmawan mengungkapkan, beban puncak kelistrikan saat momen Nataru 2023/2024 ditaksir mencapai 43 Giga Watt (GW). Sedangkan, PLN sendiri sudah mempersiapkan cadangan listrik lebih dari 50 GW.

"Artinya ada reserve margin dan kami bukan hanya menganalisis secara nasional tetapi wilayah demi wilayah. Sehingga dengan adanya apel siaga ini kami secara internal sudah mempersiapkan keandalan sistem kami sudah dari 2 bulan yang lalu satu persatu kami lakukan pemetaan," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA