Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tarif Internet, Listrik, dan Bensin Catat Kenaikan Tertinggi dalam Survei Biaya Hidup 2022 BPS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 13 Desember 2023, 10:43 WIB
Tarif Internet, Listrik, dan Bensin Catat Kenaikan Tertinggi dalam Survei Biaya Hidup 2022 BPS
Ilustrasi/Net
rmol news logo Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat biaya langganan internet, listrik dan bensin sebagai tiga komoditas yang mengalami kenaikan bobot konsumsi tertinggi pada tahun 2022.

Dalam Survei Biaya Hidup (SBH) 2022, pengeluaran tiga komoditas dari 20 komoditas yang dicatat BPS itu mengalami kenaikan tertinggi di dalam negeri, dengan persentase kenaikan sebesar 1,40 persen untuk biaya langganan internet, 0,92 persen untuk listrik, dan 0,65 persen untuk bensin.

Sementara dalam posisi selanjutnya, ditempati minyak goreng dengan kenaikan 0,47 persen dan disusul oleh sigaret kretek mesin, dengan kenaikan 0,45 persen.

Seperti diketahui SBH ini sendiri merupakan survei pengeluaran konsumsi rumah tangga yang dikeluarkan BPS secara tahunan untuk mendapatkan pola konsumsi masyarakat, sebagai bahan penyusunan diagram timbang dan paket komoditas dalam penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK).

Tidak hanya tingkat konsumsi bobot tertinggi, BPS juga merekam 20 komoditas dengan nilai bobot terendah, yaitu sewa rumah, kontrak rumah dan tarif pulsa ponsel dengan masing-masing komoditas mencatat 1,70 persen, 1,31 persen dan 0,38 persen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA