Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Delegasi Korsel, Dirjen Hubla Matangkan Kerja Sama Maritim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Jumat, 01 Desember 2023, 00:37 WIB
Bertemu Delegasi Korsel, Dirjen Hubla Matangkan Kerja Sama Maritim
Pertemuan bilateral delegasi Indonesia dengan Korea Selatan (Korsel) di International Maritime Organization (IMO) Headquarter, London, Kamis (30/11).
rmol news logo Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) melakukan pertemuan bilateral dengan Korea Selatan (Korsel) di International Maritime Organization (IMO) Headquarter, London, Kamis (30/11).

Kedua negara membahas kerja sama bidang maritim.

Dalam event tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Capt. Antoni Arif Priadi bertemu dengan Director General of Maritime Affairs and Safety Policy Bureau (Dirjen maritim dan keselamatan), Korea Ministry of Oceans and Fisheries, Jong-uk Hong.

Dirjen Hubla menyampaikan Indonesia dan Korsel berpotensi bekerja sama dalam bidang kemaritiman.

Di antaranya, terkait dengan Port State Control (PSC), Maritime Autonomous Surface Ships (MASS), Aids to Navigation (AToN), Coast Guard dan Kepelautan.

“Pihak dari Republic of Korea menyambut baik potensi kerja sama yang ada, hal tersebut dapat meningkatkan sektor kemaritiman di kedua negara,” ucap Antoni dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan Indonesia mengoptimalkan pengembangan pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca dari kapal.

Selain itu, Indonesia juga berkomitmen menyukseskan dan mengimplementasikan IMO Green House Gas Strategy yang akan diadopsi pada sesi Sidang Majelis IMO ke 33.

Lebih lanjut, Antoni mengungkapkan Indonesia dan Republic of Korea akan saling mendukung untuk pencalonan masing-masing negara sebagai Anggota Dewan IMO.

Dukungan tersebut dibutuhkan Indonesia agar tujuan menjadi Anggota Dewan IMO Kategori C Tahun 2024-2025 dapat tercapai.

“Indonesia dan Republic of Korea sudah menyatakan komitmennya untuk saling mendukung dalam pencalonan Anggota Dewan IMO, dukungan tersebut sangat berarti untuk dapat terpilihnya kembali Indonesia menjadi Anggota Dewan IMO,” jelas Antoni.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Hendri Ginting, Direktur Perkapalan dan Kepelautan Hartanto dan Kepala Sub Direktorat Perencanaan Teknis Direktorat Kenavigasian Nanditya Darma Wardhana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA