Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Ikan di PPS Lampulo Stabil, Nelayan Untung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 30 November 2023, 06:49 WIB
Harga Ikan di PPS Lampulo Stabil, Nelayan Untung
Aktivitas nelayan dan pedagang ikan di TPI PPS Lampulo Banda Aceh/RMOLAceh
rmol news logo Musim penghujan yang terus menerus terjadi pada bulan November ini, tidak mempengaruhi harga Ikan. Saat ini harga ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo, Banda Aceh masih stabil.

“Naik turun seribu, dua ribu dalam satu kilogram dan itu terbilang stabil kalau bagi pedagang,” kata Kiki, salah seorang toke bangku di TPI Lampulo, dikutip Kantor Berita RMOLAceh, Rabu (29/11).

Menurut Kiki, saat ini harga ikan tongkol ukuran kecil Rp10 ribu per kilogram (Kg), sementara untuk harga tongkol ukuran sedang Rp20 ribu. Sedangkan untuk Tuna Rp50 ribu per Kg.

Selain itu, harga ikan jenis dencis saat ini Rp12 ribu per Kg. Sementara untuk ikan ukuran paling kecil seperti jenis cirik, Rp10 ribu per Kg.

Stabilnya harga ikan, kata Kiki disebabkan oleh faktor ikan yang tidak banyak dan tidak pula kurang dibawa pulang oleh nelayan dari laut ke TPI.

“Alhamdulillah tidak mempengaruhi, kita doakan bersama, jadi saling menguntungkan antara nelayan dan masyarakat,” ujarnya.

Kiki menjelaskan, pada bulan Oktober lalu harga ikan sempat naik karena pengaruh hasil tangkapan. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama.

Sementara itu, Putri salah satu Ibu Rumah Tangga (IRT) atau konsumen mengatakan, stabilnya harga ikan menjadi suatu yang patut disyukuri.

Menurutnya jika harga ikan turun maka pedagang akan menjerit. Sementara jika harga ikan mahal maka para pembeli yang kesusahan.

Putri berharap di musim penghujan seperti ini, pemerintah juga ikut peduli dengan para nelayan meskipun sedang fokus mengurusi banjir. Sehingga perputaran ekonomi masyarakat tetap stabil.

“Karena kalau udah musim hujan nelayan bisa batal melaut apalagi kalau angin kencang, jadi pemerintah harus memperhatikan hal itu,” ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA