Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat The 2nd BILA 2023, Bisnis Indonesia Apresiasi Perusahaan Logistik Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 29 November 2023, 12:37 WIB
Lewat The 2nd BILA 2023, Bisnis Indonesia Apresiasi Perusahaan Logistik Nasional
Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan RI, Robby Kurniawan saat menghadiri acara The 2nd Bisnis Indonesia Logistics Award (BILA) pada 28 November 2023/RMOL
rmol news logo Dalam rangka mengapresiasi perusahaan logistik yang menerapkan efisiensi dan menghasilkan low cost economy bagi perekonomian dalam negeri, Bisnis Indonesia menggelar ajang penghargaan The 2nd Bisnis Indonesia Logistics Award (BILA) 2023.

Acara yang diselenggarakan di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta pada Selasa (28/11) ini berupaya untuk mendorong sektor logistik agar dapat kembali menggerakkan perekonomian Indonesia.

Pasalnya, berdasarkan data Logistics Performance Index (LPI) 2023 yang dirilis Bank Dunia, kinerja sektor logistik dan rantai pasokan di Indonesia kini tengah mengalami penurunan drastis dibandingkan dengan indeks terakhir yang dikeluarkan pada 2018.

Indonesia sendiri tercatat menempati peringkat ke-63 dari total 139 negara dengan skor LPI 3,0, turun 17 peringkat dari urutan ke-46 dengan skor LPI 3,15 pada 2018 lalu, kalah jauh di atas negara tetangga Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Untuk itu, Bisnis Indonesia melihat dua aspek utama yang diyakini akan membantu para perusahaan logistik dalam meningkatkan LPI yang lebih baik, yaitu efisiensi dan low cost economy.

Pada ajang tahunan kali ini, Bisnis Indonesia memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah menerapkan dua aspek kunci tersebut, dengan harapan bahwa mereka dapat menjadi teladan atas pengelolaan perusahaan yang sehat dan efisien.

Dalam acara tersebut, Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan RI, Robby Kurniawan turut memberikan apresiasinya.

“Saya apresiasi ajang penghargaan ini. Kegiatan ini akan mendorong dan memberikan motivasi kepada para pelaku usaha di bidang logistik,” kata Robby yang mewakili pidato Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Adapun pada gelaran BILA 2023 kali ini, terdapat 11 kategori penghargaan yang dimenangkan sejumlah pemain logistik, dengan 2 kategori penghargaan special awards tambahan.

Kategori tersebut, di antaranya Trucking Company of the Year, Shipping Company of the Year, Airfreight Forwarder of the Year, Seafreight Forwarder of the Year, hingga The Most Outstanding Shipping Company in Global Expansion.

Berikut para pemenang BILA 2023 dari masing-masing kategori yang terpilih berdasarkan hasil penjurian:

1. Kategori Trucking Company of the Year: PT ADI SARANA ARMADA TBK (ASSA LOGISTICS)
2. Shipping Company of the Year: PT IMC PELITA LOGISTIK TBK
3. Airfreight Forwarder of the Year: PT CIPTA KRIDA BAHARI (CKB GROUP)
4. Seafreight Forwarder of the Year: KAMADJAJA LOGISTICS
5. Warehouse Provider of the Year: KAMADJAJA LOGISTICS
6. 3PL of the Year: PT CITRA PEMBINA PENGANGKUTAN INDUSTRIES
7. IT-Based Logistic Company of the Year: PT LION EXPRESS (LION PARCEL)
8. Non-Container Terminal Operator of the Year: PT SARANA CITRANUSA KABIL PORT
9. Container Terminal Operator of the Year: PT IPC TERMINAL PETIKEMAS
10. CEO of the Year: PT TERMINAL TELUK LAMONG - David Pandapotan Sirait
11. Supply Chain Innovator of the Year (Company): PT PETROKIMIA GRESIK
12. The Most Outstanding Shipping Company in Global Expansion: PT PERTAMINA INTERNATIONAL SHIPPING
13. The Highest Level of Maritime Compliance and Safety Management Commitment: PT PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PERSERO).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA