Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Industri Makanan-Minuman Halal Tarik Investasi Rp9 Triliun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Sabtu, 18 November 2023, 04:42 WIB
Industri Makanan-Minuman Halal Tarik Investasi Rp9 Triliun
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki/Ist
rmol news logo Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki menyatakan industri halal merupakan jawaban atas tantangan yang berkenaan dengan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Saiful saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan H20-Halal World 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Acara yang dibuka oleg Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini diikuti 500-an peserta dari 118 lembaga halal di 41 negara.

"Industri halal adalah jawaban dari persoalan ekonomi baru yang berkelanjutan dalam industrialisasi di Indonesia," ujar Saiful yang hadir mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Jumat malam (17/11).

Ia menyampaikan, Indonesia memiliki pengalaman baik terkait industri halal terutama pada masa pandemi Covid-19. Pada saat itu, lanjut Saiful, industri halal turut membantu memperbaiki keuangan Indonesia setelah dilanda pandemi Covid-19.

Saiful mengungkapkan, Indonesia memiliki potensi yang kuat dalam bidang industri halal. Penelitian pada 2022 membuktikan Indonesia memiliki keunggulan dalam berbagai industri halal seperti makanan dan minuman, kosmetik dan farmasi, serta pariwisata.

"Industri makanan dan minuman halal mampu menarik investasi hingga Rp9 triliun, serta tenaga kerja hingga 1,1 juta orang," kata Saiful dikutip dari laman resmi Kemenag.

Saiful juga menyebutkan terdapat penelitian yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara muslim produsen produk halal terbesar kedua di dunia.

Capaian tersebut, katanya, tidak lepas dari berbagai upaya pemerintah untuk dapat mendorong industri halal di Indonesia. Salah satunya, adalah dengan mempercepat proses sertifikasi produk halal, dari sebelumnya tiga bulan, menjadi paling lama 21 hari.

"Lainnya juga ada sertifikasi halal self-declare, di mana pelaku usaha bisa menyatakan sendiri produk halal dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi," kata Saiful.

Hingga kini, tercatat sebanyak 3,14 juta produk telah tersertifikasi halal melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

Saiful berharap angka tersebut dapat terus bertambah, dan dapat membantu memajukan ekonomi Indonesia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA