Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Emisi Nol Bersih, UEA dan Prancis Bangun Mega Proyek Tenaga Surya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 17 Oktober 2023, 09:01 WIB
Dukung Emisi Nol Bersih, UEA dan Prancis Bangun Mega Proyek Tenaga Surya
Proyek pembangkit listrik tenaga surya di Yas Bay Waterfront, akan meningkatkan upaya energi ramah lingkungan di UEA/Net.
rmol news logo Bertujuan mengimbangi 450 ton emisi karbon dioksida per tahun, Uni Emirat Arab (UEA) dan Prancis sepakat  mengembangkan mega proyek tenaga surya di Abu Dhabi.

Menurut laporan yang dikutip dari The National, Senin (16/10), skema fotovoltaik surya berkekuatan 524 kilowatt akan dibangun di Yas Bay Waterfront oleh pengembang utama Miral bekerja sama dengan Emerge, perusahaan patungan antara Masdar dari UEA dan EDF Prancis.

Inisiatif energi bersih ini akan melibatkan pemasangan 920 modul surya di pusat rekreasi, tempat makan, dan hiburan serta akan mendukung sasaran emisi nol bersih UEA.

Kantor Media Abu Dhabi melaporkan, Emerge akan bertanggung jawab atas pembiayaan proyek, desain, pengadaan, konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan modul surya untuk jangka waktu 30 tahun.

Belum diketahui kapan pembangunan skema hijau utama akan dimulai.

“Kami sangat senang dapat kembali bekerja sama dengan Emerge untuk mengimplementasikan proyek tenaga surya inovatif di Teluk Yas sebagai bagian dari komitmen kami terhadap inisiatif strategis UEA untuk mencapai Net Zero pada tahun 2050,” kata Jonathan Brown, chief portfolio officer di Miral.

“Proyek ini akan menjadi tolok ukur dalam penyediaan energi ramah lingkungan untuk memasok listrik ke Teluk Yas dan semakin memposisikan Pulau Yas sebagai tujuan wisata global teratas," ujarnya.

Kemitraan tersebut mewakili dedikasi untuk memprioritaskan praktik berkelanjutan dan menggabungkan elemen energi terbarukan di seluruh destinasi.

Michel Abi Saab, manajer umum di Emerge, mengatakan perjanjian ini akan membantu membuka jalan bagi masa depan yang lebih berkelanjutan.

“Kami yakin proyek berkekuatan 524 kilowatt ini akan membantu menghadirkan energi bersih berkualitas tinggi dan andal ke destinasi hiburan utama ini, yang menarik jutaan pengunjung dari dalam dan luar negeri,” kata Abi Saab.

Dengan persiapan UEA untuk menjadi tuan rumah COP28, proyek ini menunjukkan dampak berkelanjutan yang dapat dicapai di banyak situs hiburan lainnya seiring kami berupaya mencapai tujuan net-zero di negara tersebut, menurutnya.

Ini adalah kolaborasi terbaru antara Miral dan Emerge dalam mendukung visi hijau UEA. Maret lalu, Miral meresmikan proyek atap tenaga surya terbesar di Abu Dhabi di Warner Bros World Abu Dhabi.

Skema ini melibatkan 16.000 modul surya yang dipasang di atap taman hiburan, yang luasnya mencapai 36.000 meter persegi, menghasilkan hampir 40 persen kebutuhan energi tahunannya.

Emerge dibentuk sebagai perusahaan patungan antara Masdar dan EDF pada tahun 2021 untuk mengembangkan tenaga surya terdistribusi, efisiensi energi, penerangan jalan, penyimpanan baterai, tenaga surya off-grid, dan solusi hibrida untuk klien komersial dan industri. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA