Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wakil Presiden RI Ajak Pebisnis Fujian China Investasi di Tiga Kawasan Industri Halal Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 16 September 2023, 12:45 WIB
Wakil Presiden RI Ajak Pebisnis Fujian China Investasi di Tiga Kawasan Industri Halal Indonesia
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin selama kunjungan bilateralnya ke provinsi Fujian di China Selatan pada Jumat, 15 September 2023/Ist
rmol news logo Peningkatan kerja sama di sektor halal menjadi misi yang dibawa Wakil Presiden RI Maruf Amin selama kunjungan bilateral ke Provinsi Fujian di China Selatan pada Jumat (15/9).

Setibanya di Fujian, Maruf Amin mengadakan pertemuan dengan Sekretaris CPC Komite Provinsi Fujian atau Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian, Zhou Zuyi.

Keduanya membahas berbagai bidang kerja sama, salah satunya adalah kerja sama di sektor industri halal, khususnya makanan dan minuman, obat-obatan, dan kosmetik.

Di pertemuan tersebut, Wakil Presiden RI menyoroti peluang besar pada kerja sama halal, terlebih warga muslim di Indonesia merupakan mayoritas sehingga investasi di sektor ini sangat menjanjikan.

"Indonesia memiliki 230 penduduk muslim yang potensial bagi rencana investasi pengusaha di Tiongkok Selatan di sektor industri halal, baik untuk pemenuhan kebutuhan domestik maupun ekspor ke negara ketiga," jelasnya.

Wakil Presiden juga mengadakan pertemuan dengan para CEO perusahaan Tiongkok dari Provinsi Fujian dan wilayah lainnya untuk membahas peluang kerja sama investasi di sektor halal.

Pada kesempatan tersebut, para CEO mengutarakan minat dan rencana pengembangan industri halal baik di Indonesia maupun di China.

Minat para CEO China mendapat sambutan baik dari Maruf Amin. Untuk itu, dia mengundang para pelaku bisnis untuk berinvestasi di 3 Kawasan Industri Halal yang telah ada di Indonesia.

"Kami mengajak pengusaha berinvestasi di Halal Modern Valley di Serang, Banten, Halal Industrial Park di Sidoarjo, dan Bintan Inti Halal Hub," ujarnya.

Wakil Presiden RI itu juga menekankan komitmen Indonesia untuk membantu pengusaha China mengakses kerja sama ekonomi di sektor halal, salah satunya dengan pembentukan pabrik serta sertifikasi halal.

"Indonesia siap memfasilitasi keinginan dan rencana investasi pengusaha Tiongkok di sektor halal, termasuk pembentukan kawasan industri halal dan sertifikasi halal di Zona Investasi Yuanhong Provinsi Fujian," ujarnya.

Kunjungan kerja Wakil Presiden RI ke Provinsi Fujian merupakan kunjungan balasan setelah Zhou Zuyi ke Indonesia Mei lalu.

Kota Fuzhou menjadi lokasi pertama yang dikunjungi Wakil Presiden selama lawatan 4 hari di wilayah Tiongkok Selatan, sebelum bertolak ke Kota Nanning, Daerah Khusus Otonomi Guangxi Zhuang untuk menghadiri pertemuan China-ASEAN Expo ke-20. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA