Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Dorong Ekonomi Hijau jadi Prioritas Kerja Sama ASEAN-Plus Three

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 06 September 2023, 14:30 WIB
Jokowi Dorong Ekonomi Hijau jadi Prioritas Kerja Sama ASEAN-Plus Three
Potret Presiden RI, Joko Widodo saat membuka KTT ke-26 ASEAN-Plus Three, di ambil langsung dari layar media center Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu, 6 September 2023/RMOL
rmol news logo Ekonomi hijau menjadi sektor kerja sama yang perlu diutamakan di antara ASEAN dengan tiga mitranya China, Jepang, Korea Selatan (Plus Three).

Begitu yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat membuka KTT ke-26 ASEAN-Plus Three (APT) Adi ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center pada Rabu (6/9).

Jokowi mengatakan bahwa selama lebih dari dua dekade terakhir, kerja sama ASEAN-Plus Three (China, Jepang, Korea Selatan) telah membuahkan hasil nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan.

Kendati demikian, dia berpesan agar APT tidak mudah puas dan menyarankan untuk memprioritaskan kerja sama di bidang ekonomi berkelanjutan.

"Kita harus terus mengembangkan dan menciptakan peluang kerja sama baru dimana pengembangan ekonomi hijau dapat menjadi salah satu prioritas kita di masa depan," tegasnya.

Lebih lanjut, Presiden mengapresiasi dukungan China, Jepang dan Korea terhadap pengembangan ekosistem baterai dan ASEAN Indo Pacific Forum.

"ASEAN sangat mengapresiasi dukungan Tiongkok, Jepang, dan Republik Korea. Hal ini penting untuk kemajuan dan pertumbuhan wilayah kita," ujar Jokowi.

Hadir dalam rapat ASEAN-Plus Three di antaranya Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol, PM China Li Qiang dan PM Jepang Fumio Kishida. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA