Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lepas Ketergantungan Pinjol, bank bjb Salurkan Rp66,1 Miliar Kredit Mesra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 20 Juli 2023, 22:03 WIB
Lepas Ketergantungan Pinjol,  bank bjb Salurkan Rp66,1 Miliar Kredit Mesra
Diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) yang digelar PWI Pokja Gedung Sate bertajuk 'Kredit Mesra: Tolak Bank Emok, Hidup Tenang Hati Senang, Ekonomi Menang'/Ist
rmol news logo Program kredit BJB Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) makin diminati masyarakat luas.

Dari data bank bjb, jumlah debitur kredit BJB Mesra pada 2021 mencapai 6.720. Menjangkau 520 rumah ibadah, kredit yang disalurkan mencapai Rp25,5 miliar.

Setahun berselang, jumlah debiturnya mengalami peningkatan mencapai 12.475. Kredit yang disalurkan sekitar Rp52 miliar dengan menjangkau 1.088 rumah ibadah.

Terhitung bulan Juli 2023, program kredit BJB Mesra telah menyalurkan Rp66,1 miliar untuk 15.096 penerima.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank BJB, Denny Mulyadi menceritakan, program kredit BJB Mesra hadir dari visi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yaitu Jabar Juara Lahir Batin.

Ketika di awal, singkatan dari Mesra tersebut adalah Masjid Sejahtera. Sebab Ridwan Kamil ingin masyarakat tidak hanya ibadah dan berdoa ke masjid, tetapi ekonomi pun harus tumbuh.

"Mesra berubah jadi Masyarakat Ekonomi Sejahtera. Ini gagasan ide yang luar biasa bagaimana memikirkan masyarakat," kata Denny saat diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) yang digelar PWI Pokja Gedung Sate bertajuk 'Kredit Mesra: Tolak Bank Emok, Hidup Tenang Hati Senang, Ekonomi Menang' di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Kamis (20/7).

Ide Ridwan Kamil itu lantas disambut positif oleh bank bjb. Terlebih kredit ini menyasar para pelaku usaha di lingkungan rumah ibadah.

"Secara logika, dalam ibadahnya tenang dan khusyuk, ekonomi terjamin. Jangan sampai ibadahnya tidak khusyuk karena memikirkan ekonomi," ujarnya.

Sasaran kredit BJB Mesra adalah jemaah yang tercatat dan sering datang ke rumah ibadah. Tidak hanya untuk jemaah masjid, melainkan untuk seluruh jemaah gereja, vihara, kelenteng dan sebagainya.

"Untuk mendapat sisi permodalan, proses mudah, bunga ringan, kita berusaha sesuai tema hari ini, bagaimana melepaskan jemaah dari bank-bank emok atau pinjaman online," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Kecil pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar, Ucup Yusuf mengatakan, kredit BJB Mesra hadir karena visi misi Ridwan Kamil yang menginginkan Jabar menjadi juara lahir dan batin.

"Jadi urusan dua-duanya harus bagus. Ini non-APBD, bank bjb ada permodalan dari pihak ketiga. Awalnya Rp5 juta, sekarang meningkat Rp10 juta (kreditnya)" kata Ucup. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA