Berita

Ilustrasi/Ist

Bisnis

Produk Telkom Bantu UMKM Permudah Kelola Layanan After Sales

SENIN, 10 FEBRUARI 2025 | 04:38 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah kompetisi yang ketat merupakan tantangan tersendiri bagi pelaku usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tetapi tantangan tersebut bisa tersolusikan dengan memanfaatkan teknologi seperti yang ditawarkan oleh OCA Indonesia (OCA), salah satu produk unggulan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

OCA memiliki layanan OCA Interaction Lite, sebuah platform Customer Relationship Management (CRM) yang membantu UMKM mengelola interaksi dengan pelanggannya secara efisien. Selain itu, OCA Interaction Lite juga mampu mendukung UMKM dalam meningkatkan layanan after sales yang dapat berdampak terhadap loyalitas pelanggan dan meningkatkan citra merek mereka.

Meskipun memiliki peran penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, tetapi layanan after sales kerap menjadi aspek yang terabaikan oleh UMKM. Umumnya dikarenakan keterbatasan sumber daya yang membuat interaksi UMKM dengan pelanggan menjadi kurang efektif maupun kurang cepat. 

Pemanfaatan platform yang memberikan layanan CRM bisa menjadi solusi karena tidak membutuhkan banyak sumber daya. Platform CRM yang digunakan pun akan semakin optimal jika mampu mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi.

Solusi yang diberikan lewat platform CRM bisa mempercepat respons kepada pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan mereka. Lebih lanjut, dengan mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi, keluhan pelanggan menjadi lebih mudah terpantau serta dapat tersolusikan segera yang berujung kepada peningkatan  reputasi usaha.

OCA Interaction Lite merupakan platform CRM yang mampu menjawab kebutuhan tersebut. OCA Interaction Lite juga dapat mengintegrasikan facebook comment, facebook messenger, instagram comment, dan direct message dalam satu dashboard.

“OCA Interaction Lite adalah salah satu platform unggulan kami yang dapat digunakan oleh UMKM di Indonesia dalam mengoptimalkan layanan after sales. Dengan OCA Interaction Lite, UMKM bisa secara proaktif membangun hubungan yang lebih personal dan relevan dengan pelanggan, serta memanfaatkan sumber daya secara lebih efisien sehingga memberikan hasil yang lebih optimal,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa dalam keterangannya, Minggu, 9 Februari 2025.

OCA Interaction Lite menawarkan fleksibilitas yang memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan fitur sesuai dengan kebutuhan bisnis. Produk ini dirancang dengan fitur utama yang dapat langsung digunakan oleh UMKM, tanpa harus membayar fitur-fitur tambahan yang mungkin belum relevan. Hal ini menjadikannya solusi yang ideal untuk UMKM, yang kebutuhan pengelolaan interaksi pelanggannya mungkin belum sebesar perusahaan besar.

Ketika bisnis mengalami pertumbuhan, UMKM dapat dengan mudah menambahkan fitur baru, seperti ticketing, tanpa harus mengganti platform yang sudah digunakan. OCA Interaction Lite menjadi investasi jangka panjang yang mendukung kebutuhan bisnis saat ini sekaligus menyesuaikan diri dengan perkembangan di masa depan.

Melalui teknologi ini, Telkom menunjukkan komitmennya untuk membantu UMKM di Indonesia menghadapi era digital dengan lebih percaya diri. OCA Interaction Lite dapat membantu UMKM  mengoptimalkan layanan after sales dengan lebih proaktif, personal, dan berbasis data yang berujung kepada keberlanjutan usaha.

Populer

Besar Kemungkinan Bahlil Diperintah Jokowi Larang Pengecer Jual LPG 3 Kg

Selasa, 04 Februari 2025 | 15:41

Jokowi Kena Karma Mengolok-olok SBY-Hambalang

Jumat, 07 Februari 2025 | 16:45

Viral, Kurs Dolar Anjlok ke Rp8.170, Prabowo Effect?

Sabtu, 01 Februari 2025 | 18:05

Alfiansyah Komeng Harus Dipecat

Jumat, 07 Februari 2025 | 18:05

Prabowo Harus Pecat Bahlil Imbas Bikin Gaduh LPG 3 Kg

Senin, 03 Februari 2025 | 15:45

Bahlil Gembosi Wibawa Prabowo Lewat Kebijakan LPG

Senin, 03 Februari 2025 | 13:49

Pengamat: Bahlil Sengaja Bikin Skenario agar Rakyat Benci Prabowo

Selasa, 04 Februari 2025 | 14:20

UPDATE

Masyarakat Tidak Perlu Panik, DPR Pastikan Distribusi Gas Melon Lancar

Senin, 10 Februari 2025 | 23:18

Polres Pelabuhan Belawan Tangkap Empat Pelaku Tawuran, Hasil Tes Urine Positif Narkoba

Senin, 10 Februari 2025 | 22:50

Dekatkan Dunia Usaha dengan Mahasiswa, UNHAS Gandeng Asprindo

Senin, 10 Februari 2025 | 22:31

Faizal Assegaf: Raja Kecil itu Bahlil

Senin, 10 Februari 2025 | 22:20

Polda Metro Jaya: Pers Berikan Manfaat Bagi Polisi dan Masyarakat

Senin, 10 Februari 2025 | 22:08

Ketua Komisi V: Anggaran IKN Diblokir Bukan Berarti Dihentikan

Senin, 10 Februari 2025 | 22:02

Jenderal Agus Subiyanto Rotasi 65 Pati, Paling Banyak Matra Angkatan Darat

Senin, 10 Februari 2025 | 21:56

Wariskan Banyak Masalah, Jokowi Harus Diseret ke Penjara

Senin, 10 Februari 2025 | 21:51

Tim Transisi Pramono-Rano Pastikan Warga Tak Terkendala Air Bersih

Senin, 10 Februari 2025 | 21:46

Ted Sioeng Akui Sempat Kabur ke Singapura, Diringkus di China

Senin, 10 Februari 2025 | 21:44

Selengkapnya