Berita

Government & External Scientific Affairs Director Danone Indonesia Rachmat Hidayat, Owner Lapak Cindo, Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim, dan Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Umar Usman Asep Hendriana, menyerahkan hadiah kepada salah satu pemenang di acara Damping UMKM Awards 2024/Ist

Bisnis

Damping UMKM Award 2024, Komitmen Danone Majukan UMKM Tanah Air

SELASA, 06 AGUSTUS 2024 | 17:50 WIB | LAPORAN: RENI ERINA

Danone Indonesia berkolaborasi dengan Kampus Bisnis Umar Usman menggelar Damping UMKM Awards 2024. 

Ajang penghargaan ini juga turut didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) yang bertujuan menjaring dan mengapresiasi pelaku UMKM terbaik dari seluruh negeri yang telah berkreasi, berinovasi, menginspirasi dan memberikan dampak, serta memperkenalkan produk-produk unggulan mereka. 

Ini merupakan ajang penghargaan pertama kalinya yang dihelat oleh Damping, sebuah program yang diinisiasi oleh Danone Indonesia bersama Kampus Bisnis Umar Usman sejak 2020 yang berfokus pada pengembangan UMKM.

Ajang ini mengangkat tema “UMKM Berprestasi, Ciptakan Kolaborasi”, dan diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari UMKM Nasional yang diperingati pada tanggal 12 Agustus. 

Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim, saat mewakili Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dalam acara Damping Awards 2024 ini mengapresiasi langkah Danone atas penyelenggaraan ini karena telah memberikan motivasi bagi para pelaku UMKM untuk terus bertumbuh.

"Kami berharap, para pelaku UMKM yang telah bertumbuh tidak berhenti bertumbuh sendiri, melainkan juga berkenan untuk sharing dan melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM lainnya, karena berdasarkan data kami, UMKM yang didampingi ini lebih punya peluang berhasil daripada yang tidak didampingi," kata Arif. 

Government & External Scientific Affairs Director Danone Indonesia Rachmat Hidayat mengatakan, Damping adalah wujud komitmen Danone Indonesia dalam mendukung UMKM. 

Menurutnya, hal ini sejalan dengan Danone Impact Journey yang mana pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan salah satu pilar strategi keberlanjutan perusahaan. 

"Sebagai bentuk apresiasi bagi UMKM kreatif dan berprestasi, kami bekerja sama dengan mitra memperluas dukungan kami bagi UMKM Indonesia dengan menyelenggarakan kegiatan Damping UMKM Awards 2024. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia, mendorong semangat berwirausaha serta meningkatkan daya saing para pelaku UMKM di Tanah Air,” jelas Rachmat.

Upaya pemberdayaan UMKM tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Yulius, mengatakan, peran seluruh pihak dan stakeholder sangat dibutuhkan dan perlu diperluas. 

"Melalui sinergi dan kolaborasi kita dapat memajukan UMKM secara berkelanjutan. Inisiatif yang dilakukan Danone Indonesia melalui program Damping and Damping UMKM Awards merupakan salah satu contoh konkret bagaimana pihak swasta dapat membantu UMKM lokal naik kelas," paparnya.  

Program Damping yang berjalan selama empat tahun ini telah menyentuh lebih dari 8.900 orang penerima manfaat dan lebih dari 3.300 UMKM dari seluruh Indonesia mengikuti kelas pendampingan intensif oleh Damping. 

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Umar Usman, Asep Hendriana, menambahkan, melalui program Damping, pihaknya menyediakan pendampingan dan pelatihan bagi UMKM untuk mengembangkan sumber daya manusia dan meningkatkan kapabilitas mereka, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis di era digital. 

Kampus bisnis Umar Usman sebagai institusi pendidikan melahirkan wirausaha baru dan melalui Damping, wirausaha ini dikembangkan. 

Damping UMKM Awards 2024 diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap pertumbuhan UMKM. 

Berikut daftar UMKM pemenang penghargaan di setiap kategori:

- UMKM Berdampak Positif Kategori Kuliner: Lapak Cindo
- UMKM Berdampak Positif Kategori Non Kuliner: Kampoeng Anyaman
- UMKM Terinovatif: Bosteak
- UMKM Inkubator Terbaik: Legend Tren
- Wirausaha Muda Inspiratif: Kalapa Klopo

Dukungan dan kolaborasi multi sektor yang konsisten merupakan kunci untuk menciptakan ekosistem UMKM dan kewirausahaan yang kuat dan berkelanjutan. 

Rachmat mengatakan, melalui program pendampingan dan ajang penghargaan ini, Danone Indonesia ingin mendorong pertumbuhan ekosistem UMKM Indonesia dan melahirkan lebih banyak UMKM berprestasi dan berdaya saing tinggi.

Populer

Menkeu: Inggris Bangkrut, Kondisi Keuangan Hancur

Minggu, 28 Juli 2024 | 17:54

Inilah 3 Kandidat Kepala Badan Penerimaan Negara

Jumat, 02 Agustus 2024 | 16:13

Pemindahan Ibu Kota Negara Ambisi Picik Jokowi

Sabtu, 27 Juli 2024 | 01:29

Identitas Tersangka Korupsi Rp3,451 Triliun: Enam Petinggi LPEI, Satu Swasta

Kamis, 01 Agustus 2024 | 10:11

GMPH Desak KPK Usut Dugaan Penyalahgunaan Kekuasaan Cak Imin

Senin, 29 Juli 2024 | 12:54

60 Pegawai Main Judol, Pimpinan KPK: Cuma Iseng

Jumat, 02 Agustus 2024 | 08:23

Ramalan Rocky Gerung: 30 Hari ke Depan Krisis Beras Berubah Jadi Krisis Sosial

Jumat, 02 Agustus 2024 | 22:43

UPDATE

Kadin Akui Kondisi Tekstil Indonesia Babak Belur

Selasa, 06 Agustus 2024 | 17:59

Akhirnya Dapat Perunggu Badminton

Selasa, 06 Agustus 2024 | 17:58

Damping UMKM Award 2024, Komitmen Danone Majukan UMKM Tanah Air

Selasa, 06 Agustus 2024 | 17:50

PKB Sumsel Ikut Laporkan Lukman Edy ke Polisi

Selasa, 06 Agustus 2024 | 17:41

Mendagri Akui KPU yang Minta Perpres Jadwal Pelantikan Kada Terpilih 2024

Selasa, 06 Agustus 2024 | 17:26

Ketua Kadin: AI Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 8 Persen

Selasa, 06 Agustus 2024 | 17:17

Said Abdullah Benarkan Hubungan Megawati dengan Jokowi Baik-baik Saja

Selasa, 06 Agustus 2024 | 17:11

Adian Ingatkan Nasdem-PKB Jangan Habis Manis Sepah Dibuang ke Anies

Selasa, 06 Agustus 2024 | 16:55

Dekat Dengan Rakyat, Masyarakat Jebres Dukung Sekar Tandjung di Pilkada Solo 2024

Selasa, 06 Agustus 2024 | 16:46

Bacaan Analis dalam Dinamika Pilgub Sejumlah Provinsi Papua

Selasa, 06 Agustus 2024 | 16:42

Selengkapnya