Berita

Ilustrasi/Net

Dunia

Para Veteran Perang Tidak Terpengaruh Oleh Komentar-komentar Trump, Tetap Akan Berikan Suara Sesuai Tindakan

JUMAT, 30 OKTOBER 2020 | 10:31 WIB | LAPORAN: RENI ERINA

Anggota militer AS akan mempertimbangkan masak-masak ketika memutuskan apakah akan memilih kembali Donald Trump sebagai panglima tertinggi. Para veteran dan anggota dinas aktif mengatakan, yang dibutuhkan saat ini adalah tindakan, bukan kata-kata. Mereka juga mengatakan, kata-kata bernada tuduhan bisa berimbas dan mempengaruhi suara mereka.

"Bagi mereka yang belum pernah mendengar istilah itu, sekam adalah tindakan balasan yang dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian Anda," kata seorang wanita tamtama Angkatan Udara.

"Apa yang telah kami lihat pada laporan negatif yang disebut Trump sebagai masalah dengan militer, adalah sekam yang sangat mengganggu," kata salah seorang anggota dinas, tanpa menyebutkan namanya karena terkait dinas, dia tidak diizinkan untuk berbicara secara pribadi dengan media.

Laporan negatif yang selama ini terdengar salah satunya termasuk klaim dari sumber anonim, yang diterbitkan di Atlantik, bahwa Trump meremehkan militer, dan mengatakan bahwa orang Amerika yang tewas dalam perang adalah 'pecundang' dan 'bodoh'.

Namun Trump, didukung oleh banyak saksi, dengan keras membantah telah mengatakan hal tersebut. Sementara para pencela menganggap itu adalah kebenaran.

"Trump. Ketidaktahuan. Kekejaman," cuit pensiunan Jenderal bintang empat Barry McCaffrey, yang berdinas di Kantor Kebijakan Pengawasan Narkoba Nasional Bill Clinton.

"Ini adalah tentara kita. Mereka melangkah maju untuk membela kita. Dia adalah Presiden yang buruk untuk menyebut Angkatan Bersenjata kita sebagai 'pecundang dan pengisap'. "

Para veteran perang, bagaimanapun, mengatakan kepada Just The News bahwa mereka tidak terpengaruh oleh komentar-komentar Trump.

"Saya kira hampir tidak ada veteran yang mempercayainya," kata Jim Lechner, yang melayani beberapa tur di Angkatan Darat, dan merupakan veteran tempur yang dihormati yang pernah mengalami luka-luka dalam peperangan.

"Itu adalah propaganda yang dibantah," katanya.

Seorang veteran lain yang terluka dalam pertempuran menyuarakan pandangan itu.

"Saya kira Trump tidak benar-benar mengatakannya," kata Chuck Ziegenfuss, pensiunan Angkatan Darat. "Intinya begitu. Apakah saya percaya (itu dilakukan oleh seorang) presiden yang telah berbuat banyak untuk para veteran?"

Masalah utama dalam pemilihan presiden adalah tindakan, kata para veteran.

"Selama bertahun-tahun, kami memiliki pemimpin yang merupakan orator hebat, tahu bagaimana berbicara tentang sesuatu," kata Chad Longell, yang ditempatkan bersama Angkatan Darat sebagai bagian dari Perang Melawan Teror global.

"Meskipun ada kekhawatiran dari beberapa gaya retorika Presiden Trump, tidak seperti kebanyakan politisi pada umumnya, dia telah menunjukkan tekad untuk benar-benar memberikan hasil."

Hasilnya khusus untuk militer, kata para anggota dinas dan veteran.

"Dia dengan sangat efektif dan penuh semangat mengejar penghancuran ISIS, dan memiliki kekuatan untuk menghabisi musuh kita," kata Lechner. "Dia membangun kembali kekuatan militer kami yang terhenti di bawah Obama, sebagian karena penyitaan. Kami mengalami kekurangan yang kritis di bidang-bidang utama seperti suku cadang, pesawat baru, sistem persenjataan baru. Trump membangun kembali militer dari aspek itu."

Salah satu faktor kunci, katanya, adalah bagaimana Amerika menggunakan jasa para anggotanya.

"Trump tidak sembarangan menggunakan kehidupan militer," kata Lechner.

Orang lain yang dihubungi oleh Just The News memuji Trump dengan kenaikan gaji militer, reformasi di Departemen Urusan Veteran, dan kesepakatan perdamaian Timur Tengah yang sedang berlangsung.

"Prestasi membangun kembali kekuatan militer kami dan memberitahu mitra NATO kami untuk membayar. Dia tidak memulai atau memperluas perang baru," kata Ziegnefuss.

Komunitas militer, bagaimanapun, memiliiki pandangan yang berbeda seperti yang ditemukan  dalam jajak pendapat terbaru dari Military Times. Hasil bervariasi menurut demografis, seperti usia, ras, dan jenis kelamin. Yang sering mengejutkan hasil jajak pendapat dari masyarakat sipil dan komunitas militer sama-sama beragam.

Para pengkritik militer Trump yang paling keras datang dari para mantan perwira.

Pensiunan Laksamana bintang empat, William McRaven, yang pada tahun 2016 disebut-sebut sebagai anggota kabinet Hillary Clinton, mengkritik Trump secara tidak langsung di Wall Street Journal. Dia mengungkapkan  bahwa ia memilih Biden, dan menulis bahwa "dunia tidak lagi memandang tinggi Amerika."

"Media mencoba menggunakan para veteran untuk membuat poin politik," kata seorang profesional perawatan kesehatan VA kepada Just The News. "Saya berharap mereka tidak melakukannya lagi."

Salah satu prajurit tamtama Angkatan Darat setuju.

"Kami bukan boneka," kata tentara, yang ditempatkan di Fort Bragg, NC. "Jangan gunakan kami untuk mendorong agenda politik tahun pemilihan." 

Populer

Pendapatan Telkom Rp9 T dari "Telepon Tidur" Patut Dicurigai

Rabu, 24 April 2024 | 02:12

Polemik Jam Buka Toko Kelontong Madura di Bali

Sabtu, 27 April 2024 | 17:17

Bey Machmudin: Prioritas Penjabat Adalah Kepentingan Rakyat

Sabtu, 20 April 2024 | 19:53

Pj Gubernur Ingin Sumedang Kembali jadi Paradijs van Java

Selasa, 23 April 2024 | 12:42

Jurus Anies dan Prabowo Mengunci Kelicikan Jokowi

Rabu, 24 April 2024 | 19:46

Tim Hukum PDIP Minta Penetapan Prabowo-Gibran Ditunda

Selasa, 23 April 2024 | 19:52

Bocah Open BO Jadi Eksperimen

Sabtu, 27 April 2024 | 14:54

UPDATE

Tim 7 Jokowi Sedekah 1.000 Susu dan Makan Gratis

Selasa, 30 April 2024 | 20:00

Jajaki Alutsista Canggih, KSAL Kunjungi Industri Pertahanan China

Selasa, 30 April 2024 | 19:53

Fahri Minta Pembawa Nama Umat yang Tolak 02 Segera Introspeksi

Selasa, 30 April 2024 | 19:45

Kemhan RI akan Serap Teknologi dari India

Selasa, 30 April 2024 | 19:31

Mantan Gubernur BI Apresiasi Program Makan Siang Gratis

Selasa, 30 April 2024 | 19:22

Anies Bantah Bakal Bikin Parpol

Selasa, 30 April 2024 | 19:07

Bertemu Mendag Inggris, Menko Airlangga Bahas Penguatan Ekonomi Perdagangan

Selasa, 30 April 2024 | 18:44

Dandim Pinrang Raih Juara 2 Lomba Karya Jurnalistik yang Digelar Mabesad

Selasa, 30 April 2024 | 18:43

Raja Charles III Lanjutkan Tugas Kerajaan Sambil Berjuang Melawan Kanker

Selasa, 30 April 2024 | 18:33

Kemhan India dan Indonesia Gelar Pameran Industri Pertahanan

Selasa, 30 April 2024 | 18:31

Selengkapnya