Kepala Instagram, Adam Mosseri, mengatakan pertumbuhan besar ini terutama didorong oleh tiga fitur utama, yaitu DM (pesan langsung), Reels, dan rekomendasi konten.
“Beberapa tahun terakhir, hampir semua pertumbuhan kami datang dari DM, Reels, dan rekomendasi. Karena itu, fokus kami ke depan akan ada di tiga hal tersebut,” ujar Mosseri, dikutip dari
Tech Crunch, Kamis 25 September 2025.
Namun, perubahan ini juga menuai kritik. Banyak pengguna merasa kesal karena Instagram yang lebih sering menampilkan video pendek dan rekomendasi akun asing, ketimbang foto atau unggahan dari teman dan orang terdekat.
Mosseri mengatakan, dalam waktu dekat Instagram akan menguji fitur baru untuk membuat algoritma rekomendasi lebih bisa disesuaikan oleh pengguna.
Lewat fitur ini, pengguna bisa memilih atau mengubah topik yang menurut mereka menarik. Jika uji coba berjalan baik, pengaturan serupa akan diperluas ke bagian feed utama dan fitur lain di Instagram.
Dengan langkah ini, Instagram berharap bisa menyeimbangkan pertumbuhan pengguna baru tanpa kehilangan kenyamanan pengguna lama.
BERITA TERKAIT: