Dimensy.id
R17

Begini Cara Gunakan "Circle to Search" Google di iPhone

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 10 Mei 2024, 15:24 WIB
Begini Cara Gunakan "Circle to Search" Google di iPhone
Ilustrasi/Net
rmol news logo Para pengguna iPhone saat ini telah mulai bisa menggunakan fitur "Circle to Search" buatan Google yang sebelumnya tersedia untuk perangkat Android.

Fitur baru ini, yang diluncurkan pada bulan Januari, memungkinkan pengguna Android melakukan penelusuran dari mana saja di perangkat mereka dengan melingkari, menyorot, mencoret-coret, atau mengetuk, untuk diarahkan ke Penelusuran Google dari layar mana pun.

Tentu saja, opsi serupa belum tersedia untuk pengguna iPhone, karena Google tidak mengontrol sistem operasi iOS seperti pada Android.

Untuk mengakalinya, Google kini menggunakan tombol Action Botton di perangkat iPhone 15 Pro untuk mengaktifkan cara cepat mencari apa pun secara visual di layar hanya dengan menekan satu tombol.

Action Botton iPhone saat ini tidak hanya berfungsi untuk tombol dering. Saat ini tombol tersebut memungkinkan pengguna menyesuaikan fungsi tombol samping iPhone sesuai kebutuhan mereka.

Ini dapat dikonfigurasi untuk meluncurkan kamera, menerjemahkan percakapan, mengaktifkan mode Fokus, meluncurkan Senter dan banyak lagi. Atau, pengguna dapat menetapkan pintasan mereka sendiri ke Action untuk memulai tugas lain, seperti memulai sesi suara ChatGPT, misalnya.

Dalam kasus Google, perusahaan telah meluncurkan pintasan yang memungkinkan pengguna iPhone memulai pencarian visual melalui Google Lens.

“Pada dasarnya ini adalah lingkaran untuk menelusuri tetapi lebih cepat!,” kata manajer desain Google Lens Minsang Choi dalam postingan yang sekarang dihapus di X, seperti dikutip dari Techno Crunch, Jumat (10/5).

Meskipun aplikasi iOS Google sudah menawarkan cara menggunakan Lens untuk pencarian visual, penambahan pintasan membuatnya lebih mudah untuk memulai pencarian dengan gerakan sederhana, mirip dengan Android.    

Untuk menggunakan pintasan, pengguna iPhone harus menginstal aplikasi Google untuk iOS dan kemudian mereka harus mengunduh pintasan dan menetapkannya ke Tombol Tindakan dari Pengaturan iOS.

Dari aplikasi Pintasan iOS, buat pintasan yang terlebih dahulu mengambil tangkapan layar, lalu melakukan tindakan “Telusuri Gambar dengan Lensa”.

9to5Mac, yang pertama kali menemukan rilis tersebut, juga mencatat bahwa ada cara lain untuk mengkonfigurasi fitur Aksesibilitas Ketuk Kembali untuk meluncurkan pintasan baru untuk pengguna iPhone lama. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA