Dimensy.id
R17

Manjakan Pengguna, Google Kembali Rilis Fitur Multisearch AI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 19 Januari 2024, 13:30 WIB
Manjakan Pengguna, Google Kembali Rilis Fitur Multisearch AI
Ilustrasi/Net
rmol news logo Raksasa teknologi Google mulai memperkenalkan fitur bertenaga AI di Amerika Serikat yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian dengan gambar dan teks secara bersamaan menggunakan ponsel.

Fitur tersebut diperkenalkan perusahaan milik Alphabet di acara Unpacked yang digelar Samsung Electronics, Rabu (17/1) waktu setempat.

"Pengguna ponsel cerdas seperti Pixel 8, Pixel 8 Pro, dan seri baru Samsung Galaxy S24 akan dapat menggunakan multi pencarian dengan gerakan tanpa berpindah aplikasi mulai 31 Januari," kata Google, seperti dikutip dari Techno Crunch, Kamis (18/1)

Lewat fitur terbaru, pengguna dapat mengarahkan kameranya atau mengunggah foto atau tangkapan layar ke Lens, lalu mengajukan pertanyaan tentang apa yang mereka lihat untuk mendapatkan jawaban melalui AI generatif.

Sebagai salah satu contoh, Google mengatakan fitur tersebut dapat digunakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang suatu tanaman dengan mengambil foto tanaman tersebut, lalu menanyakan “Kapan saya menyiramnya?”.

Alih-alih hanya menampilkan gambar tanaman lainnya kepada pengguna, ini mengidentifikasi tanaman dan memberitahu pengguna seberapa sering tanaman harus disiram, misalnya "setiap dua minggu."  

Fitur ini mengandalkan informasi yang diambil dari web, termasuk informasi yang ditemukan di situs web, situs produk, dan video.

Perusahaan mengatakan fitur multi pencarian dapat digunakan dengan ikon kamera lensanya di aplikasi Google untuk Android dan iOS. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA