Dimensy.id
R17

Berkat Mega Proyek Pengalihan Air, China Selamatkan Wilayah Utara dari Kekeringan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 13 Desember 2023, 14:16 WIB
Berkat Mega Proyek Pengalihan Air, China Selamatkan Wilayah Utara dari Kekeringan
Waduk Danjiangkou di Provinsi Hubei, Tiongkok tengah/Net
rmol news logo Pemerintah China berhasil mengalirkan lebih dari 67 miliar meter kubik air dari wilayah selatan ke wilayah utara yang gersang.

Kementerian Sumber Daya Air mengatakan pada Selasa (12/11), lebih dari 176 juta orang telah merasakan manfaat langsung dari mega proyek pengalihan air yang diklaim sebagai yang terbesar di dunia.

"Kota-kota besar seperti Beijing dan Tianjin mengandalkan proyek ini sebagai sumber air utama," kata Kementerian, tepat di hari ulang tahun kesembilan beroperasinya proyek tersebut.

CGTN
melaporkan, proyek ini telah mengisi kembali 10 miliar meter kubik air untuk tujuan ekologi selama beberapa tahun terakhir dan menghidupkan kembali banyak sungai dan danau.

Proyek Pengalihan Air Selatan-Utara memiliki tiga jalur.

Pertama, rute tengah, yang paling menonjol, dimulai dari Waduk Danjiangkou di Provinsi Hubei, Tiongkok tengah dan melintasi Henan dan Hebei sebelum mencapai Beijing dan Tianjin.

Lalu, rute timur yang telah mengalirkan air dari Provinsi Jiangsu di China timur ke berbagai wilayah termasuk Tianjin dan Shandong. Sementara, jalur barat masih dalam perencanaan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA