Dimensy.id
R17

Meta akan Aktifkan Enkripsi End-to-end untuk Facebook dan Instagram

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 07 Desember 2023, 12:41 WIB
Meta akan Aktifkan Enkripsi End-to-end untuk Facebook dan Instagram
Ilustrasi/Net
rmol news logo Meta Platforms akan mulai mengenkripsi pesan sepenuhnya di aplikasi Facebook dan Instagram secara default seperti yang sudah diterapkan di aplikasi perpesanan mereka, WhatsApp.

Mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut, Wall Street Journal melaporkan pada Rabu (6/12), raksasa media sosial ini akan mulai secara otomatis mengalihkan pengguna Facebook ke enkripsi end-to-end untuk pesan mereka, dan menerapkan perubahan tersebut selama beberapa minggu.

"Pesan langsung di Instagram juga akan beralih ke enkripsi seperti itu secara default di kemudian hari, kemungkinan besar di Tahun Baru," kata laporan itu, seperti dimuat Reuters, Kamis (7/12).

Dengan perubahan tersebut, pengguna Facebook dan Instagram tidak perlu lagi mengaktifkan fitur enkripsi, yang memungkinkan pesan hanya dibaca oleh pengirim dan penerimanya.

Meta mengatakan enkripsi dapat membantu menjaga keamanan pengguna dari peretas, penipu, dan penjahat.

Penerapan enkripsi end-to-end telah menimbulkan perdebatan antara perusahaan dan pemerintah.

September lalu, Pemerintah Inggris telah mendesak Meta untuk tidak menerapkan enkripsi di Instagram dan Facebook Messenger tanpa langkah-langkah keamanan untuk melindungi anak-anak dari pelecehan seksual. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA