Dimensy.id
R17

Penuhi Pasokan Listrik dan Kurangi Emisi, Masdar Siap Bangun PLTS 150 Megawatt di Angola

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 04 Desember 2023, 12:32 WIB
Penuhi Pasokan Listrik dan Kurangi Emisi, Masdar Siap Bangun PLTS 150 Megawatt di Angola
ara eksekutif saat penandatanganan perjanjian proyek tenaga surya baru Angola/Net
rmol news logo Pasokan listrik ke 90.000 rumah di Angola diperkirakan akan terpenuhi dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 150 megawatt yang direncanakan perusahaan energi bersih Abu Dhabi, Masdar.

Sebagai bagian dari perjanjian konsesi yang ditandatangani dengan Kementerian Energi dan Air Angola, Masdar akan membangun dan mengoperasikan proyek pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang di darat di wilayah Quipungo di negara tersebut.

Setelah selesai dibangun, unit tenaga surya ini akan menghilangkan lebih dari 224.000 ton emisi karbon setiap tahunnya, setara dengan menghilangkan 50.000 mobil dari jalanan.

Pembangkit listrik tenaga surya juga akan meningkatkan perekonomian lokal dengan menciptakan 600 lapangan kerja selama tahap konstruksi dan mendukung tujuan Angola untuk meningkatkan tingkat elektrifikasi nasional menjadi sekitar 60 persen pada tahun 2025," kata Masdar pada Minggu, di sela-sela KTT iklim Cop28, seperti dikutip dari The National, Senin (4/12).

“Afrika memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi pembangkit tenaga energi terbarukan di dunia,” kata Sultan Al Jaber, Presiden Cop28 .

“UEA berdiri bahu-membahu dengan teman-teman kami di Afrika saat kami berupaya untuk menjamin transisi energi yang adil dalam aksi Cop ini dan Cop untuk semua ,” kata Al Jaber, yang juga merupakan ketua Masdar dan Menteri Industri dan Teknologi Maju UEA.

Masdar berfokus untuk mengembangkan proyek baru terbarukan di Afrika dan meningkatkan keamanan energi di benua tersebut. Ini adalah perusahaan energi terbarukan terbesar di Afrika, melalui platform Infinity Power, perusahaan patungan dengan Infinity Mesir.

Pada September 2023, mereka mengumumkan kemitraan dengan Africa50, sebuah platform investasi, untuk mengidentifikasi dan memperluas proyek energi ramah lingkungan di seluruh benua.

Masdar juga merupakan mitra utama Inisiatif Investasi Hijau Afrika (Afrika Green Investment Initiative) yang dipimpin UEA dan telah berkomitmen untuk memobilisasi 10 miliar dolar AS dalam pembiayaan energi ramah lingkungan, dimana 2 miliar dolar AS akan dihasilkan dari ekuitas dan tambahan 8 miliar dolar AS dari pembiayaan proyek.

Proyek tenaga surya baru ini merupakan bagian dari komitmen lebih luas yang dibuat oleh Masdar pada bulan Januari, selama Pekan Keberlanjutan Abu Dhabi 2023, untuk mengembangkan proyek energi terbarukan sebesar 5 gigawatt di Angola, Uganda, dan Zambia.

“Mengembangkan kapasitas energi terbarukan adalah kunci untuk membuka potensi ekonomi Afrika yang sangat besar, dan Masdar sangat antusias untuk memainkan peran utama dalam upaya ini,” kata Mohamed Al Ramahi, kepala eksekutif Masdar. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA