Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Piala Eropa 2024

Spanyol Bungkam Kroasia dengan 3 Gol Tanpa Balas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 16 Juni 2024, 00:59 WIB
Spanyol Bungkam Kroasia dengan 3 Gol Tanpa Balas
Fabian Ruiz merayakan golnya ke gawang Kroasia dalam laga pertama Spanyol di Piala Eropa 2024, Minggu dinihari WIB (16/6)/Net
rmol news logo Sebuah langkah penting diraih Spanyol saat mengawali perjalanan mereka di Piala Eropa 2024. Tiga poin berhasil mereka dapatkan usai mengalahkan sesama tim elite Eropa, Kroasia, dengan skor cukup telak: 3-0.

Dalam laga yang berlangsung di Olympiastadion Berlin, Minggu dinihari WIB (16/6), Kroasia sebenarnya lebih banyak menguasai bola pada menit-menit awal. Mereka membuat Spanyol lebih berkonsentrasi di wilayah pertahanan.

Tapi rupanya itu adalah strategi Spanyol untuk membiarkan Kroasia seolah menguasai pertandingan. Karena begitu melihat celah di pertahanan lawan, Tim Matador langsung melakukan serangan yang berujung gol melalui sepakan sang kapten Alvaro Morata pada menit 29.

Belum sempat menarik napas usai gawang mereka dibobol Morata, Luca Modric dan kolega kembali dikejutkan oleh sebuah serangan mendadak Spanyol. Dihiasi dengan pergerakan cantik Fabian Ruiz, la Furia Roja pun menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit 32.

Ketinggalan 2 gol membuat Kroasia makin berupaya menekan pertahanan Spanyol. Dan lagi-lagi, justru gawang mereka kebobolan saat laga memasuki masa tambahan waktu babak pertama.

Umpan matang pemain belia Lamine Yamal jatuh tepat di depan Carvajal yang hanya tinggal menyodorkan kakinya untuk memantulkan bola ke dalam gawang.

Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 3-0 bagi Spanyol.

Sejumlah perubahan komposisi pemain dilakukan pelatih Zlatko Dalic untuk membawa Kroasia mengejar ketinggalan. Memang tekanan Kroasia terlihat semakin banyak. Tapi, penyelesaian akhir yang tak sempurna membuat mereka sulit mencetak gol.

Peluang emas baru didapat Kroasia pada menit 80. Kroasia mendapat hadiah penalti dari wasit asal Inggris, Michael Oliver. Menyusul pelanggaran yang dilakukan Rodri terhadap Petkovic di kotak terlarang.

Namun, Kroasia masih belum juga mampu mencetak gol dari peluang terbaik yang mereka sepanjang laga. Tak hanya bola tendangan Petrovic mampu ditepis Unai Simon yang tampil luar biasa, bola liar yang kemudian dikirim Ivan Perisic dan dilanjutkan ke dalam gawang oleh Petrovic dianulir wasit.

Pasalnya, Perisic diketahui melakukan pelanggaran karena memasuki kotak penalti sebelum Petrovic melakukan tendangan penalti.

Alhasil, Kroasia pun hanya bisa gigit jari di laga pembuka mereka di Piala Eropa 2024. Sementara Spanyol bisa memperkuat asa mereka terus melaju ke babak berikutnya berkat modal kemenangan 3-0.

Spanyol 3-0 Kroasia
(Morata 29', Fabian Ruiz 32', Carvajal 45+2'). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA