Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Skuad Timnas Ramai-ramai Kuliah di Kampus Muhammadiyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 20 September 2024, 11:22 WIB
Skuad Timnas Ramai-ramai Kuliah di Kampus Muhammadiyah
Pemain Timnas Indonesia Muhammad Ramadhan Sananta/Ist
rmol news logo Pemain Timnas Indonesia Muhammad Ramadhan Sananta menjadi pendaftar terakhir mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah UM) Surabaya.

Masuknya Sananta menambah deretan pesebakbola yang kuliah di UM Surabaya. Sananta menyusul rekannya, Rizky Ridho Ramadhani, Komang Teguh, Malik Risaldi dan Ikhsan Zikrak yang lebih dulu tercatat sebagai mahasiswa UM Surabaya.

Penyerang klub Liga 1 Persis Solo dan Timnas Indonesia ini mengambil jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sama seperti Ridho, Komang dan Malik.

“Lihat teman-teman yang ada di Timnas pada kuliah saya tertarik, kemarin juga sempat tanya-tanya ke Ridho soal bagaimana perkuliahan di UM Surabaya,” kata Sananta dikutip Jumat (20/9).

Selain keinginannya, dorongan kuliah juga hadir dari keluarganya untuk melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Menurut Sananta, orang tuanya sering mengingatkan pentingnya kuliah di tengah gemilangnya karier sepak bola. Karena itulah akhirnya ia memantapkan diri untuk kuliah di UM Surabaya.

Sananta yang mengambil jurusan Prodi Manajemen bukan karena ikut-ikutan rekannya di Timnas, melainkan keinginannya sejak awal.

“Memang dari awal rencana kuliah mau ambil manajemen, saya ingin belajar bagaimana me-manage banyak hal. Karena jurusan ini penting dan bagus untuk karier saya ke depan,” kata Sananta.

Bahkan, Sananta mengaku akan mengembangkan skill usaha. Menurutnya sudah ada rencana usaha, namun belum sempurna 100 persen, karena sekarang masih berfokus di sepak bola.

Saat ditanya seberapa penting pendidikan menurut dirinya, Sananta menjawab pendidikan bagi atlet sangat penting. Karena dirinya harus mengetahui pendidikan di luar seperti apa, karena ilmu itu luas tidak hanya olahraga saja.

“Karier atlet kan tidak berlangsung lama, harapannya menempuh pendidikan tinggi bisa membuka jalan untuk banyak hal, saya yakin dengan berkuliah juga akan membuka wawasan yang luas,” tandasnya.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA