Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepolisian Hong Kong Puji Sistem Rekrutmen Polri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 31 Juli 2024, 22:08 WIB
Kepolisian Hong Kong Puji Sistem Rekrutmen Polri
Kunjungan Kepolisian Hong Kong di SSDM Polri, Jakarta, Rabu (31/7)/Ist
rmol news logo Sebanyak 15 orang delegasi Kepolisian Hong Kong yang dipimpin Inspektur Senior Lau Lai-kwan Alice berkunjung ke SSDM Polri pada Rabu (31/7).

Kabaggassus Biro Binkar SSDM Polri, Kombes Pol Arif Fajarudin mengatakan tujuan kedatangan delegasi Kepolisian Hong Kong adalah untuk membangun hubungan dengan Kepolisian Indonesia.

“Mereka ingin mendapatkan gambaran tentang Polri. Dari mulai siklus SDM terkait dengan rekrutmen, kemudian masalah karir, masalah pengakhiran dinas. Mereka juga menanyakan tentang pengembangan SDM melalui assessment centre,” ujar Kombes Pol Arif Fajarudin. 

Inspektur Senior Lau Lai-kwan Alice menyatakan Kepolisian Hongkong mendapat banyak informasi bermanfaat dari diskusi yang berlangsung sekitar dua jam. Alice juga menyampaikan kekagumannya terhadap Polri. 

“Wow, saya sangat terkesan. Polri memiliki assessment centre. Sangat teratur semua prosedur promosi yang telah berjalan. Sangat berbeda dengan sistem di Kepolisian Hong Kong yang lebih sederhana. Dari diskusi ini saya mengambil banyak referensi yang nantinya akan kami coba aplikasikan di Kepolisian Hong Kong,” puji Lau Lai-kwan Alice.

Usai diskusi, Kepolisian Hong Kong diajak melihat Assessment Center. Di sini, delegasi Kepolisian Hong Kong mendapat informasi lebih lanjut. Salah satunya tentang Satu SDM. 

SSDM Polri mengembangkan Satu SDM yang merekam data setiap personel Polri secara digital mulai dari mengikuti pendidikan, aktif bertugas hingga pengakhiran dinas. Data ini bisa menjadi rujukan para pimpinan Polri untuk mengambil kebijakan terkait promosi kenaikan pangkat dan jabatan. 

Delegasi Kepolisian Hong Kong juga diajak melihat museum Polri dan mendapat penjelasan tentang sejarah Polri. Mereka sangat antusias melihat berbagai koleksi bersejarah dalam museum tiga lantai tersebut. Di akhir kunjungan di museum Polri, delegasi Hong Kong juga disuguhkan film tentang Sejarah Polri di ruang Theatre Museum Polri.

Alice berharap kunjungan ini bisa semakin mempererat hubungan Polri dan Kepolisian Hong Kong. Selama empat hari berada di Indonesia, Kepolisian Hong Kong juga mengunjungi Divhubinter Polri dan Brimob Polri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA