Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Marak Situs Pemerintah Diretas, Kapolri Siapkan Pengamanan Siber

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 17 Juli 2024, 15:59 WIB
Marak Situs Pemerintah Diretas, Kapolri Siapkan Pengamanan Siber
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Rabu (17/7)/Ist
rmol news logo Personel Polri diminta mempersiapkan pengamanan dari serangan siber yang semakin genting. Apalagi banyak situs pemerintah yang diretas dan maraknya pencurian data pribadi. 

"Kita menghadapi kondisi yang rentan terkait dengan masalah serangan siber. Sehingga mau tidak mau kita harus mempersiapkan pengamanan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Rakorwas Kompolnas-Polri di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Rabu (17/7). 

Menurut Sigit, untuk mengatasi permasalahan tersebut, Polri telah menyusun sejumlah kebijakan yang dihubungkan dalam layanan digital Polri. Di mana layanan digital dan website harus melewati sistem asesmen dari Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) Polri.

Setelah merancang pelayanan digital, Polri juga bakal melakukan peningkatan infrastruktur pengamanan data internal seperti perangkat anti DDOS. 

"Peningkatan infrastruktur pengamanan data mulai dari perangkat anti DDOS dan tentunya beberapa sistem pengamanan lain," kata Sigit. 

Setelah semua dirancang, Polri nantinya juga bakal melakukan tes penyerangan secara berkala untuk menganstisipasi dan memastikan sistem keamanan tahan uji. 

"Apakah ini masih baik atau harus kita tingkatkan lagi. Ini tentunya terus kita lakukan, karena perkembangan kejahatan siber terus meningkat. Sehingga selalu dibuat hal-hal baru untuk bisa menerobos sistem keamanan," kata Sigit.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA