Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Macet Dalam Kota, Polda Metro Siapkan Strategi Hadapi Arus Balik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 12 April 2024, 20:27 WIB
Antisipasi Macet Dalam Kota, Polda Metro Siapkan Strategi Hadapi Arus Balik
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman/RMOL
rmol news logo Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan strategi mencegah terjadinya penumpukan dan kemacetan kendaraan yang masuk Jakarta dan sekitarnya pada arus balik Lebaran 2024.

“Saudara kita yang keluar dari Jabodetabek ada 1,035.000 sekian kendaraan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, kepada wartawan, Jumat (12/4).

Persiapan pertama, kata Latif, pemudik yang masuk Jakarta dan sekitarnya bisa mengatur kepulangan dengan memanfaatkan empat hari masa arus balik yang telah disiapkan.

Kedua, pemudik bisa memanfaatkan tol fungsional, Tol Cimanggis-Cibitung, yang bisa digunakan masyarakat dengan waktu operasional 06.00 WIB hingga 16 April 2024 jam 17.00 WIB.

“Masyarakat yang pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati Tol Cimanggis-Cibitung. Tidak melewati Cikunir, karena jarak tempuh yang signifikan. Begitu juga yang mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang, jangan memaksakan harus masuk tol dalam kota, tapi lewat Cibitung langsung Semper, Tanjung Priok, itu akan lebih mudah,” katanya.

Bila di tol dalam kota masih terjadi penumpukan, petugas telah menyiapkan contra flow, agar kendaraan yang menuju Jakarta Barat bisa tetap jalan.

“Kita lakukan contra flow dari pintu Tol Halim seperti yang selama ini biasa kita laksanakan. Mungkin bisa sampai Slipi atau depan Polda Metro Jaya, bahkan sampai depan DPR," jelasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA