Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polri Evaluasi dan Benahi Sistem Contraflow Jelang Puncak Arus Balik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 12 April 2024, 01:34 WIB
Polri Evaluasi dan Benahi Sistem Contraflow Jelang Puncak Arus Balik
Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas), Irjen Aan Suhanan, menjelaskan soal sistem contraflow untuk menekan tingkat kemacetan pada arus balik Idulfitri 2024/Istimewa
rmol news logo Sistem contraflow di ruas jalan tol menjadi salah satu opsi dalam rangka mengurai kemacetan saat arus balik Lebaran yang diprediksi terjadi pada Sabtu (13/4) sampai Senin (15/4). Sistem contraflow ini terutama diterapkan di ruas Tol Cikampek-Jakarta.

Terkait hal ini, Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas), Irjen Aan Suhanan, telah mengevaluasi sistem contraflow yang telah dilaksanakan pada arus mudik kemarin

Salah satu perbaikan di antaranya menambahkan reflektor di jalur contraflow yang dapat memantulkan cahaya bagi pengemudi.

"Terkait dengan safety, keselamatan, kami akan memberikan reflektor, nanti dari arah contraflow maupun dari arah yang jalur seharusnya. Kalau kemarin hanya satu bagian, nanti akan dikasih dua bagian," jelas Aan.

Tak hanya itu, jarak pembatas contraflow pun diperpendek, sehingga para pengemudi mengetahui bahwa ada kendaraan dari arah berlawanan.

"Untuk jarak, kalau kemarin 30 meter, sekarang jadi 10 meter, dan tiap 2,5 meter akan kami rapatkan untuk pembatasnya," kata Aan.

Selain itu, Polri bersama Jasamarga akan menempatkan petugas di setiap titik jalan tol itu beserta safety car yang digunakan saat situasi darurat.

"Kami juga menyiapkan safety car, artinya nanti akan dikawal mulai dari KM 72 sampai KM 47, setelah itu akan dikawal kembali, ini untuk memelihara kecepatan di contraflow yang maksimal hanya 60 km saja," tandas Aan. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA