Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

10 Kendaraan Derek Disiagakan di Jalur Arteri Pantura Karawang dan Tol Japek

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 02 April 2024, 15:16 WIB
10 Kendaraan Derek Disiagakan di Jalur Arteri Pantura Karawang dan Tol Japek
Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono/Istimewa
rmol news logo Untuk menghadapi musim mudik Lebaran 2024, sebanyak 10 kendaraan derek disiagakan oleh jajaran Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Karawang bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Karawang.

Demikian disampaikan Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di sela-sela pengecekan kesiapan Posko Pengamanan (Pos PAM) Mudik Lebaran Polres Karawang di Rest Area KM57 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Selasa (2/4).

Menurutnya, 10 mobil derek yang akan disiagakan di sepanjang Jalur Arteri Karawang dan Jalur Tol Japek tersebut merupakan hasil dari rapat koordinasi bersama Dishub Karawang beserta PT Jasa Marga dan pihak swasta untuk menyiapkan kendaraan derek itu.

"Untuk total dari hasil inventarisir kami, maka akan ada sebanyak 10 kendaraan derek yang nantinya bakal disiagakan di jalur mudik Karawang. Baik itu kendaraan yang dimiliki oleh Dishub Karawang, Jasa Marga, maupun pihak swasta," ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (2/4).

Adapun penyiagaan kendaraan derek tersebut, kata dia, merupakan sebagai upaya penanganan cepat ketika terjadi gangguan kepadatan akibat adanya kendaraan pemudik yang mogok di jalur arteri maupun jalan tol.

"Ya misalnya saja ada kendaraan pemudik yang mengalami mogok ataupun mengalami pecah ban, jika tidak cepat penanganannya saja, maka akan terjadi hambatan arus lalu lintas sehingga menimbulkan kemacetan atau penumpukan kendaraan pemudik," jelasnya.

Oleh karena itu, 10 kendaraan derek tersebut bakal disiagakan di sejumlah titik-titik Pospam Mudik Lebaran 2024 yang tersebar di beberapa titik krusial yang ada di Kabupaten Karawang.

"Jadi selain nantinya di-standby-kan, juga akan ada kendaraan derek yang sifatnya mobile. Sementara untuk titik lokasi yang disiagakan kendaraan derek itu antara lain berada di Rest Area KM57 Tol Japek arah Cikampek, Rest Area KM62 Tol Japek arah Jakarta, serta berada di beberapa titik posko mudik yang ada di jalur Pantura atau arteri Karawang seperti di Jalan Tanjung Pura, Kosambi hingga Cikampek," papar Wirdhanto.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan sejumlah langkah lain demi mengantisipasi kepadatan arus mudik menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H ini.

"Kemudian salah satu layanan yang diberikan oleh kami apabila ada pemudik yang mengalami kendala saat memasuki wilayah hukum Polres Karawang ini yaitu di antaranya, pemudik dapat menghubungi nomor layanan kami yang Mobile 24 jam di nomor WhatsApp layanan 'Lapor Pak Kapolres' di 082211272003 atau bisa juga melalui akun Instagram kami di @PolresKarawang," bebernya.

Nantinya, petugas akan melakukan penanganan reaksi cepat dengan meluncur ke lokasi terjadinya gangguan yang berdasarkan laporan masuk kepada operator layanan 'Lapor Pak Kapolres' tersebut.

"Jadi petugas kami juga akan ada yang berkeliling di sepanjang jalan tol maupun jalur arteri Karawang. Hal itu kami lakukan guna memastikan keamanan dan kelancaran para pemudik selama arus mudik maupun arus balik Lebaran 2024," pungkasnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2024, akan ada sebanyak 1.756 personel gabungan yang disiagakan mulai 4 April hingga 16 April 2024 oleh lembaga vertikal Pemerintah Kabupaten Karawang. Para personel ini ditempatkan di 54 titik posko pelayanan ataupun posko pengamanan yang tersebar di seluruh wilayah hukum Kabupaten Karawang baik di Jalur Arteri Pantura Karawang maupun di Jalur Tol Jakarta-Cikampek. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA