Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kakorlantas Atensi Pencurian Modus "Buku Akuntansi" di Bus Sinar Jaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 04 Agustus 2023, 20:51 WIB
Kakorlantas Atensi Pencurian Modus "Buku Akuntansi" di Bus Sinar Jaya
Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Santyabudi/RMOL
rmol news logo Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberi atensi terhadap kasus pencurian barang berharga yang kerap terjadi di bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Yang terbaru, pencurian barang berharga berupa laptop merek Asus dialami Wapemred RMOL, Achmad Rizal saat menumpangi bus Sinar Jaya dari pool Giwangan jurusan Yogyakarta-Jakarta Lebak Bulus pada Selasa (1/8).

Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Santyabudi menyebut, pihaknya bakal melakukan pembinaan ke pengelola AKAP tersebut.

"Kami akan sampaikan kepada pengelola lewat pembinaan angkutan untuk lebih meningkatkan sisi keamanan, kalau di luar negeri ada CCTV-nya tuh di bus," kata Firman di Satpas SIM Polda Metro Jaya di Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (4/8).

Bila ada bukti terkait dugaan pencurian, Firman menyarankan kepada korban untuk segera melapor agar ditindaklanjuti.

"Coba nanti didorong dan di-link-kan (korban) ke kami," kata Irjen Firman.

Sementara itu, salah satu korban pencurian di dalam bus Sinar Jaya, Achmad Rizal mengaku apes saat naik bus Sinar Jaya dari pool Sinar Jaya Giwangan dengan nomor bus 1DD nopol B 7008 TRN jurusan Yogyakarta-Jakarta Lebak Bulus pada Selasa (1/8).

Rizal duduk di kursi nomor 39 di deck atas yang berangkat sekitar pukul 17.30.

Tas berisi laptop yang dibawa Rizal diletakkan di bagasi atas tempat duduknya. Saat perjalanan, laptop tersebut dicuri oleh orang tak dikenal (OTK) dan diganti dengan buku akuntansi atau buku besar yang memiliki ukuran dan berat seperti laptop.

Humas dan Hukum (Humaskum) Sinar Jaya Group, Fajar saat ditemui di Kantor Sinar Jaya Group Cibitung 2, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sempat memperlihatkan rekaman CCTV kepada redaksi.

Dalam rekaman tersebut, terlihat seorang pria mengenakan jaket, topi, dan kacamata berjalan ke arah kursi Rizal. Pelaku melakukan pengecekan beberapa kali terhadap bagasi di dalam bus tersebut.

Pelaku lantas mengambil tas berisi laptop milik Rizal dan dibawa ke kursi bagian belakang. Di kursi sana, pelaku langsung mengeluarkan laptop milik Rizal, dan diganti dengan buku akuntansi yang sudah dibawanya.

Setelah itu, pelaku kemudian mengembalikan tas yang sudah diisi buku akuntansi tersebut ke tempat awal di bagasi di atas kursi milik korban.

Selain rekaman CCTV saat pelaku melancarkan aksinya, pihak Sinar Jaya Group juga memiliki data identitas penumpang yang diduga pelaku pencurian.

Terdapat dua nama yang dicurigai oleh pihak Sinar Jaya Group. Bahkan dari catatan GPS, pelaku diduga turun dari Bus Sinar Jaya tersebut di daerah Cibitung, dekat dengan pool Sinar Jaya Group di Cibitung.

Namun sayang, Fajar menolak menyerahkan salinan rekaman CCTV jika penumpang yang menjadi korban pencurian melakukan gugatan ganti rugi.

Kasus serupa juga dialami penumpang lain. Dibagikan akun media sosial X, @pras_robin yang juga menjadi korban, pelaku melancarkan aksi pencurian di dalam bus Sinar Jaya dengan modus mengganti barang berharga dengan sebuah buku besar.

Diceritakan, kejadian tersebut dialami korban Sinar Jaya jurusan Lebak Bulus-Wonosobo pada Minggu (23/7).

"Kejadiannya saya lagi tidur, yang kehilangan enggak cuma saya. Saya baru sadar pas ada mbak-mbak juga kehilangan hapenya yang lagi di-charge sampai bingung mau nangis dan ternyata saya juga kemalingan. Pembelian tiket hari Sabtu, tanggal 22 Juli 2023 via Traveloka. Untuk keberangkatan hari Minggu 23 Juli 2023 jam 17.00 dari Lebak Bulus tujuan ke Wonosobo," tulis akun X @pras_robin, Rabu (26/7). rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA