Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arus Mudik-Balik Lebaran Aman, Kapolri Ucapkan Terima Kasih ke Jajaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 03 Mei 2023, 21:00 WIB
Arus Mudik-Balik Lebaran Aman, Kapolri Ucapkan Terima Kasih ke Jajaran
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menggelar video conference dari Mabes Polri/Ist
rmol news logo Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengucapkan terima kasih kepada jajarannya yang telah berupaya optimal dalam memberikan pengamanan dan pelayanan terhadap masyarakat terkait arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Dalam kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran, baik di pusat maupun seluruh wilayah yang telah bekerja keras dan Alhamdulillah hasilnya bisa kita lihat bersama," kata Sigit dalam keterangan tertulis, Rabu (3/5).

Lanjut, Sigit menyebut berdasarkan hasil evaluasi pengamanan berjalan dengan baik dan aman.

Mulai dari pelayanan arus mudik dengan mempersiapkan berbagai pos, mulai dari pos pengamanan, pos pelayanan, pos terpadu, dan juga berbagai macam kegiatan pengamanan pada saat kegiatan malam takbir, shalat Ied, kegiatan-kegiatan di tempat wisata hingga pelayanan terhadap arus mudik dan balik, semuanya berjalan dengan sangat baik.

Dengan adanya apresiasi tersebut, Sigit menuturkan, kerja keras dan rasa lelah yang dirasakan jajarannya menjadi pemicu semangat untuk bertugas lebih baik lagi kedepannya.

"Lelahnya rekan-rekan, bagaimana rekan-rekan harus bekerja siang dan malam, disaat bersamaan masyarakat yang lainnya bisa berlibur, namun rekan-rekan terus bekerja keras," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, mantan Kapolda Banten ini juga memberikan perbandingan evaluasi Operasi Ketupat tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Dari sisi kemacetan, ia menyebut terjadi perubahan yang sangat luar biasa. Pada arus mudik dan balik tahun ini, tidak terjadi kemacetan yang cukup panjang.

"Artinya ada kepadatan, namun tentunya sangat jauh berbeda baik di jalur tol maupun di jalur arteri," kata Sigit

Salah satu pengurai kepadatan adalah efektifnya di jalur arteri di Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Sehingga masyarakat bisa menggunakan jalur tersebut sebagai alternatif selain tol.

Kemudian untuk jumlah kecelakaan lalu lintas secara umum terjadi penurunan, baik yang meninggal, yang luka berat, maupun yang luka ringan. "Tentunya ini merupakan hasil yang menggembirakan bagi kita semua, sehingga ini harus dipertahankan," kata Sigit.

Untuk jalur penyeberangan, khususnya di wilayah Merak yang tadinya setiap tahun, selalu mendapatkan keluhan dari masyarakat dan media terkait dengan kemacetan di Cikuasa Atas, bahkan kadang kala masuk sampai jalan tol, tahun ini itu tidak terjadi.

"Kemudian terkait dengan kejahatan di jalan, ini juga dari hasil pendalaman dan juga wawancara kepada masyarakat yang
menyeberang, tingkat kejahatannya juga terjadi penurunan, ada pencurian laptop kalau tidak salah namun langsung tertangkap dan ini juga karena kerja keras rekan-rekan dalam mengawal. Sehingga masyarakat betul-betul bisa sampai tujuan dengan selamat," paparnya.

Meski secara keseluruhan berjalan dengan baik, Sigit menuturkan semua hal yang terjadi akan menjadi evaluasi untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran pada tahun 2024 mendatang menjadi lebih baik. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA