Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Harusnya Berterima Kasih ke Cak Nun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 18 Januari 2023, 13:35 WIB
Jokowi Harusnya Berterima Kasih ke Cak Nun
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Potongan video budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun yang viral saat menyamakan Presiden Joko Widodo dengan raja Mesir Firaun, adalah satu peringatan yang harus dimaknai positif.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam mengatakan, Cak Nun merupakan budayawan dan tokoh intelektual muslim Indonesia yang selalu objektif.

Kritik dari Cak Nun, kata Saiful, tidak hanya melakukan kritik pada era setelah reformasi, melainkan juga pada era orde baru sangat kritis kepada pemerintahan orde baru pada saat itu yang dikenal otoriter.

"Saya kira apa yang dikatakan Cak Nun itu bagian dari kejujuran beliau sebagai seorang intelektual Muslim, semua yang disampaikan adalah petuah dan pengingat bagi kita semua utamanya bagi pemerintah agar terus berbenah," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (18/1).

Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini menilai, Presiden Jokowi seharusnya berterima kasih karena masih diingatkan oleh Cak Nun yang merupakan tokoh bangsa.

"Jangan kemudian apa yang disampaikan yang bersangkutan dilihat dari perspektif negatif, ada nilai-nilai positif yang dapat dipetik atas pernyataan yang bersangkutan," demikian Saiful. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA