Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolres Cianjur: Anggota Polri Lakukan Evakuasi hingga Distribusi Bantuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 25 November 2022, 22:42 WIB
Kapolres Cianjur: Anggota Polri Lakukan Evakuasi hingga Distribusi Bantuan
Rumah rusak akibat gempa bumi Cianjur/Ist
rmol news logo Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan memastikan kehadiran anggota Polri di seluruh lapisan masyarakat memberikan bantuan dalam penanganan bencana gempa Cianjur.

Doni menjelaskan sejak gempa dengan magnitudo 5,6 SR mengguncang Cianjur pada Senin (21/11) lalu, Polri langsung bergabung dengan tim Search and Rescue (SAR) untuk membantu pencarian korban hilang.

Ia memastikan, seluruh anggota yang memiliki keahlian khusus pencarian korban dari tingkat Polda Jabar hingga Mabes Polri telah dikerahkan dalam proses pencarian dan evakuasi itu. Termasuk pelibatan tim anjing pelacak (K9) untuk mempermudah proses evakuasi.

"Saat ini tinggal 24 korban lagi yang masih dinyatakan hilang," ujarnya kepada wartawan, Jumat (25/11).

Selain itu, Doni mengatakan pasca kejadian bencana Korps Bhayangkara juga langsung menerjunkan tim kesehatan ke lapangan untui membantu para korban.

Sampai saat ini, kata dia, tim kesehatan Polri masih terus melakukan pemantauan kesehatan di posko-posko pengungsi. Hal itu juga dilakukan sembari melakukan pendistribusian logistik kepada para korban.

"Kita membawa tim kesehatan lapangan yaitu dokter-dokter bantuan dari Dokkes Mabes Polri, Polda jabar, dan ini semua bergerak ke posko-posko memastikan kondisi kesehatan pengungsi berjalan baik," jelasnya.

Terakhir yang tak kalah penting, Doni memastikan Polri terus melakukan penyaluran logistik kepada seluruh warga terdampak. Ia menegaskan pendistribusian dilakukan secara merata kepada korban-korban gempa.

"Artinya pemerataan distribusi logistik harus merata. Ini prinsip yang juga pak Presiden sampaikan, semua pengungsi warga yang terdampak harus mendapatkan bantuan dari pemerintah," tegasnya.

Guna mendukung hal tersebut, Doni bahkan mengatakan penyaluran logistik oleh Polri tak jarang dilakukan melalui helikopter. Sehingga lokasi-lokasi yang masih sulit akses untuk kendaraan roda dua dan roda empat tetap mendapatkan bantuan.

"Apabila tidak memungkinkan adanya lokasi pendaratan helikopter, kita lakukan dengan sistem droping logistik menggunakan alat yang sudah dibantu dari Barhakam Polri," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA