Peresmian dipimpin langsung Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi didampingi Dirut Jasa Raharja di Gedung National Traffic Management Center (NTMC) Jakarta, Senin (20/12).
"Masalah penanganan lalu lintas tidak bisa ditangani oleh kita sendiri. Ini menjawab bagaimana kecepatan pelayanan kita bisa kita terapkan langsung kepada masyarakat," ujar Irjen Firman.
"K3I ini sebagai nyawa dari pusat kendali dan operasional kita. Di dalamnya, didukung data-data yang selalu terbarukan. Nanti masyarakat bisa melihat apa yang menjadi kebutuhan informasinya," lanjutnya.
Firman menegaskan, di dalam aplikasi K3I terdapat menu dan fitur yang dapat memberikan banyak manfaat. Tidak hanya terkait informasi dan data fasilitas umum, tetapi juga terkait traffic lalu lintas.
"Didukung data-data yang ada, ini akan menjadi perangkat yang mendukung pengambilan keputusan. Kalau ada
Untuk pelayanan langsung, lanjutnya, K3I menyediakan call center dan chatbot yang akan selalu siaga menjawab pertanyaan masyarakat. Termasuk juga, Samsat Digital (Signal) dan SIM Nasional Presisi yang siap memudahkan masyarakat dalam pembuatan dokumen berkendara.
"Kita bisa tahu persis secara aktual secara real time, bisa mengikuti informasi-informasi ini. Termasuk masyarakat. Siapa saja bisa manfaatkan langsung dengan operator yang ada di NTMC ini," demikian Firman.
Firman juga berharap kepada masyarakat agar memanfaatkan semaksimal mungkin pelayanan-pelayanan yang disediakan oleh Polri.
Termasuk aplikasi K3I, dalam waktu dekat diharapkan membantu masyarakat yang melakukan perjalanan saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).
BERITA TERKAIT: